Tips, Trik, dan Tutorial

Cara Legalisir KK, KTP, dan Akte Kelahiran di Disdukcapil Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Hai, warga Cianjur! Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau Akte Kelahiran merupakan dokumen kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Biasanya dokumen tersebut digunakan untuk berbagai keperluan, seperti melamar kerja, meneruskan pendidikan, atau keperluan lainnya.

Biasanya, dokumen yang digunakan adalah hasil fotokopi yang sudah dilegalisir. Tapi kadang kita kebingungan cara legalisir KK, KTP, dan Akte Kelahiran.

Ingin tahu cara legalisir KK, KTP, atau Akte Kelahiran ke Disdukcapil Cianjur? Yuk simak tulisan berikut!

Fotokopi Dokumen

Pertama, anda harus menyiapkan fotokopi dokumen yang akan dilegalisir. Untuk KK dan Akte Kelahiran, fotokopi sesuai ukuran kertasnya. Tapi untuk KTP, fotokopi satu KTP dalam satu lembar. Berikut contohnya:

Bawa Dokumen Asli

Anda diwajibkan membawa dokumen asli dan fotokopi. Ini untuk membandingkan bahwa dokumen fotokopi sesuai dengan dokumen aslinya, tanpa rekayasa atau pengubahan data.

Datang ke Disdukcapil Cianjur

Setelah dokumen yang akan dilegalisir sudah difotokopi, anda datang langsung ke kantor Disdukcapil Cianjur di Jl. Raya Bandung No.KM 4.5, Bojong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur. Datanglah pada jam kerja, lebih baik sekitar pukul 08.00 WIB.

Rapikan Dokumen

Seluruh dokumen yang akan dilegalisir dirapikan dalam map. Untuk KTP sebaiknya menggunakan wadah khusus untuk memudahkan legalisir.

Datang ke Loket Legalisir

Anda tinggal datang ke loket legalisir di bagian ujung arah timur. Anda tinggal memberikan dokumen. Petugas akan menanyakan tujuan legalisir, jawablah sesuai kebutuhan.

Tunggu Beberapa Saat

Setelah dokumen diterima, petugas akan memproses legalisir. Tunggulah beberapa saat, lamanya legalisir tidak menentu. Kurang lebih satu jam bisa diambil.

Itulah cara legalisir dokumen di Disdukcapil Cianjur. Anda tidak dikenakan biaya, namun jika anda ingin berinfak melalui Baznas di saba bisa dilakukan setelah dokumen diterima.(rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan