Tips dan Tutorial

Cara Mengatur Spasi Antar Kata dan Kalimat di Microsoft Word

CIANJURUPDATE.COM, Techno – Berikut ini cara mengatur spasi antar kata dan kalimat di Microsoft Word. Bagi kamu yang sering menggunakan aplikasi Microsoft Word pasti perenah mengatur spasi saat menulis.

Tapi apa sih itu spasi? Spasi merupakan daerah kosong yang digunakan sebagai pemberi jarak dan pemisah antar huruf, kata, angka atau tanda baca lainnya dalam sebuh naskah tulisan .

Tujuan mengatur spasi agar dokumen Word lebih nyaman dan terlihat lebih rapih. Selain itu, fungsi mengatur jarak spasi di Word setidaknya bisa membuat dokumen yang mudah dibaca oleh setiap orang. Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan setiap fungsi yang sudah disediakan Microsoft Word, salah satunya pengaturan lebar spasi.

Cara mengatur spasi antar kata dan kalimat di Microsoft Word sebenarnyatidaklah sulit. Dengan menggunakan fitur andalan yang dimililiki Microsoft Word justru bisa memudahkan para penggunanya. Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan setiap fungsi yang sudah ada di Microsoft Word, salah satu yaitu pengaturan lebar spasi.

Terdapat tiga cara pilihan untuk mengatur spasi. Sebelum mengatur spasi Kamu harus pahami opsi dalam baris spasi. Baris spasi standar pada Word bukan 1 tetapi 1,15. Untuk memiliki benar-benar satu spasi teks, Anda harus memilih Single dari menu pilihan menurun Line Spacing, yakni diantaranya berikut.

• Exactly funsinya untuk mengatur spasi yang tepat antarbaris, diukur dalam satuan poin. Satu inci sama dengan 72 poin
• Multiple fungsinya untuk mengatur spasi yang lebih besar, misalnya tiga spasi.

Cara Mengatur Spasi Antar Kata di Microsoft Word

Sebelun mengatur spasi, sebaiknya atur baris spasi terlebih dahulu. Jika Kamu memutuskan standar satu spasi untuk seluruh dokumen, tujuannya untuk menghemat waktu. Jika Kamu tidak memilih apa pun, perubahan akan terjadi mulai dari baris posisi kursor berada. Selanjutnya kamu tinggal atur spasi, terdapat dua cara pilihan yakni sebagai berikut.

1) Menggunakan Tab Home

Pada tab Home, cari bagian Paragraph. Klik tombol Line Spacing untuk membuka menu pilihan menurun Line Spacing. Tombol ini memiliki 4 baris kecil dengan panah menunjuk ke atas dan ke bawah. Dari menu ini, Anda dapat memilih opsi baris spasi umum.

Jika kamu tidak melihat tombol baris spasi, kemungkinan besar tombol itu hilang karena jendela tidak cukup besar. Anda dapat mengaksesnya dengan mengeklik tombol panah di sebelah Paragraph. Ini akan membuka menu Paragraph. Pada menu Paragraph, Anda dapat mengatur baris spasi menggunakan menu pilihan Line Spacing dari bagian Spacing.

2) Menggunakan Page Layout

Pada tab Page Layout klik tombol panah di sebelah Paragraph. Ini akan membuka menu Paragraph. Dalam menu Paragraph, Anda dapat mengatur baris spasi menggunakan menu pilihan menurun Line Spacing dari bagian Spacing.

Cara Mengatur Spasi Antar Paragraf Microsoft Word

Selain mengubah spasi setelah setiap baris, Kamu juga dapat menyesuaikan jumlah spasi sebelum dan sesudah setiap paragraf. Berikut tahapan caranya bisa kamu ikuti.

• Pilih paragraf yang ingin diubah jaraknya.
• Klik menu ribbon Home.
• Tampilkan dialog paragraf dengan klik tombol Paragraph.
• Selanjutnya akan muncul dialog paragraph.
• Pada bagian Spacing, ubah nilai yang ada pada kotak Before dan After.

Catatannya:

  • Before fungsinya untuk menambahkan spasi sebelum paragraf dimulai
  • After fungsinya untuk menambah spasi setiap kali Anda menekan Enter untuk memulai sebuah paragraf baru

• Isikan nilai pada kotak Before dengan besarnya jarak paragraf dengan paragraf sebelumnya.
• Isikan nilai pada kotak After dengan besarnya jarak paragraf dengan paragraf berikutnya.
• Hilangkan tanda check pada Don’t add space between paragraphs of the same style.

Jika ada tanda check maka jarak paragraf yang dibuat pada poin 6 dan 7 tidak berarti jika style kedua paragraf tersebut sama, dan umumnya ketikan kita akan memiliki style yang sama antar paragraf sebelumnya dan berikutnya. Jika tanpa tanda check berarti nilai pada kotak before dan after akan selalu berlaku, tidak peduli apakah paragraf memiliki style yang sama atau tidak.  

• Klik tombol OK.
• Tampilan paragraf telah berubah

Nah, itulah cara mengatur spasi antar kata dan kalimat di Microsoft Word. Langkah-langkah di atas bisa langsung kamu aplikasikan pada naskah tulisanmu.(ct4/rez)

Exit mobile version