Tips, Trik, dan Tutorial

Cara Mengetik 10 Jari, Dijamin Bisa Tanpa Lihat Keyboard

Cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar tanpa melihat keyboard. Penting nih, buat kamu yang hobi atau bekerja dengan urusan menegetik yang mempercepat pengerjaanmu. Caranya dengan menempatkan posisi jari-jari pada tombol keyboard dengan benar. Simak ulasan Cianjur Today kali ini!

Kamu juga penting memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Amankan posisi meja dan monitor guna nenghindari hal-hal yang tidak diinginkan manakala sedang belajar mengtik. Memposisikan badan, kaki, hingga monitor laptop/PC yang semestinya dengan tepat pada saat mengetik sangatlah penting.

Posisi Duduk Saat Mengetik

Posisi duduk sangat berkaitan dengan posisi badan saat mengetik. Posisikan punggung dengan santai tapi tidak membungkuk. Punggung tetap tegak selama mengetik, tidak membungkuk, untuk waktu yang lama.

Selain itu, sesekali harus bangun dari tempat duduk dan memperbaiki posisi punggung tersebut. Perhatikan juga posisi kepala, jangan membungkuk atau terlalu condong ke depan. Posisi paha juga harus diperhatikan posisi yang baik adalah horizontal, sejajar dengan lantai.

Posisikan telapak kaki dengan menapak ke tanah. Intinya jangan sampai kaki menggantung entah karena disengaja atau lantaran bangku yang terlalu tinggi. Bantalan kursi seharusnya bisa menopang punggung bagian bawah, sehingga punggung tetap tegak.

Ubahlah posisi duduk secara berkala selama bekerja, karena duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Posisi Meja Saat Mengetik

Posisi meja yang baik setidaknya harus seperti kriteria di bawah ini.

1) Tempatkan keyboard pada posisi yang membuat lengan terasa rileks
2) Posisi siku dengan meja sebaiknya membentuk sudut 90 derajat
3) Pergelangan tangan usahakan selalu posisi netral, lurus dan nyaman
4) Pada saat mengetik, pergelangan tangan berada pada posisi yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari
6) Tempatkan mouse dekat dengan keyboard, sehingga tak perlu menggerakan tangan terlalu jauh untuk menjangkau mouse tersebut

Perhatikan Setelan Monitor

Monitor juga merupakan bagian penting yang berdampak terhadap kesehatan penggunanya. Perhatikan beberapa setingan monitor berikut ini.

1) Pastikan layar monitor selalu dalam kondisi bersih, sehingga tak ada noda yang menghalangi pandangan mata. Layar yang tidak bersih akan mengakibatkan posisi pandang menjadi terhambat sehingga menggangu kesehatan mata
2) Jangan lupa, mengatur setelan brighthness dan kontras layar secukupnya sehingga nyaman bagi mata, jangan terlalu terang, dan jangan pula terlalu redup.
3) Mengatur posisi letak layar monitor agar tak memantulkan cahaya yang menyilaukan mata, jangan sampai layar monitor memantulkan cahaya lampu atau matahari.
4) Atur juga posisi bagian atas layar agar sejajar atau sedikit di bawah pandangan mata, jangan sampai posisi layar letaknya diatas mata kita
5) Pastikan jarak aman antara mata dan monitor. Menurut para ahli antara monitor dan mata kita yaitu antara 50-60 cm

Cara Mengetik 10 Jari

Langkah berikutnya kamu bisa langsung aplikasikan cara mengetik 10 jari yang tepat nih. Berikut penempatan posisi jari-jari tangan yang seharusnya pada keyboard komputer ketika mengetik. Untuk megetik sepuluh jari kamu harus tau posisi yang tepat untuk setiap jari-jari tanganmu. Berikut posisi jari tangan kiri pada keyboard.

• Posisikan jari telunjuk untuk menekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
• Posiskan jari tengah ntuk menekan tombol huruf D, E, C, dan angka 3
• Posisikan jari manis untuk menekan tombol huruf S, W, X, dan 2
• Posisikan jari kelingking  untuk menekan tombol huruf A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
• Posisi Ibu Jari untuk menekan spasi, bergantian dengan ibu jari tangan kanan.

Penempatan Keyboard

Setelah memahami cara memposisikan jari tangan kanan, berikutnya posisi jari tangan kanan. Berikut penempatan jari-jari tangan kanan pada keyboard yang tepat.

• Posisikan jari telunjuk untuk menekan tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
• Posisikan jari tengah untuk menekan tombol huruf K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*) • Posisikan jari manis untuk menekan tombol huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
• Posisikan jari kelingking untuk menekan semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan. Selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan
• Posisikan ibu jari /Jempol gunakan untuk menekan tombol Spasi, bergantian dengan jempol kanan

Intinya antara jari tangan kiri dan jari tangan kanan tidak saling bersilang posisi, menempatkan jari-jari tangan sesuai area yang sudah disebutkan diatas. Area tangan kanan mulai dari huruf J sampai pada CTRL kanan, sedangkan area posisi tangan kiri dari mulai huruf F sampai dengan tombol windows.

Nah, itulah cara mengetik 10 jari dengan cepat dan benar tanpa melihat keyboard. Ingat, penting juga menjaga kestabilan tubuh saat mengetik. Sesekali bangun mencari udara segar kemudian duduk kembali. Jangan juga lupa sediakan air mineral yang cukup, agar tubuh tidak dehidrasi dan sirkulasi darah tetap stabil.(ct4/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker