Gaya Hidup

Cara Menjaga Organ Peredaran Darah Agar Tetap Sehat

CIANJURTODAY.COM – Banyak cara yang harus dilakukan agar organ peredaran darah tetap sehat. Mengingat, sistem peredaran darah berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan zat gizi menuju seluruh jaringan tubuh.

Semua organ dan jaringan kamu terhubung dengan pembuluh darah kecil sampai pembuluh darah utama. Inilah sebabnya gangguan pada sistem peredaran darah bakalan turut memengaruhi fungsi tubuh yang lain.

Kalaupun begitu, ada beberapa cara yang dapat temen-temen lakuin buat melancarkan peredaran darah dan mencegah timbulnya gangguan kesehatan.

Sulit dipercaya, tapi tubuh kita punya sekitar 60.000 mil pembuluh darah panjangnya kalo dilurusin, lho. Sama kayak jantung dan otot-otot lainnya, mereka membentuk sistem peredaran darah.

Jaringan pembuluh darah ini membawa setiap tetesan darah ke setiap sudut tubuh.
Maka saat sirkulasi kita buruk, itu bisa memperlambat atau menghalangi aliran darah, yang berarti sel-sel dalam tubuh tidak bisa mendapatkan semua oksigen dan nutrisi yang mereka butuhin.

Saat anggota tubuh tidak bisa mendapatkan cukup darah, tangan atau kaki mungkin akan terasa dingin atau mati rasa. Kalau berkulit terang, kaki mungkin mendapatkan semburat biru.

Sirkulasi darah yang buruk juga dapat mengeringkan kulit, membuat kuku jadi rapuh, dan membuat jadi rambut rontok. Beberapa pria mungkin mengalami kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi.

Dan jika menderita diabetes, goresan luka, atau luka akan cenderung sembuh lebih lambat.

Cara Menjaga Organ Peredaran Darah Agar Tetap Sehat

Nah, di bawah ini adalah Cara menjaga organ peredaran darah agar tetap sehat dan jauh dari penyakit.

Konsumsi Makanan yang bisa Memperlancar Peredaran Darah

Makanan dapat berpengaruh pada sistem peredaran darah kamu dengan beberapa cara. Buah seperti delima, cabai, dan sayuran berdaun hijau mengandung nitrit oksida yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lebih efektif.

Produksi nitrit oksida dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi bit, kacang kenari, dan kunyit.

Untuk menunjang kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyumbatan pada kolesterol, kamu bisa mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3.

Jangan lupa mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti bawang bombay, buah-buahan sitrus, serta berbagai jenis buah beri untuk melindungi pembuluh darah dari radikal bebas.

Tinggalkan Rokok, Rokok bisa Membunuhmu

Menghentikan kebiasaan merokok adalah salah satu kunci melancarkan peredaran darah. Rokok mengandung berbagai bahan aktif yang berbahaya, dan salah satunya itu adalah nikotin.

Bahan ini ada didalam semua jenis rokok, baik rokok tradisional, rokok elektrik, hingga rokok tanpa asap. Paparan nikotin pada tubuh kamu bisa merusak pembuluh darah dan mengentalkan darah hingga sirkulasinya menjadi terganggu.

Menjaga berat badan ideal

Berat badan yang ideal akan melindungi kamu dari risiko obesitas. Obesitas bukan cuman menghambat sistem peredaran darah aja, tapi juga memicu penumpukan plak pada pembuluh arteri.

Risikonya lebih tinggi mengalami serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner. Supaya bisa mendapatkan berat badan ideal, kamu harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menghindari jenis makanan yang meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh.

Olahraga rutin

Tubuh membutuhkan lebih banyak asupan oksigen agar fungsinya tetap optimal selama berolahraga.

Maka dari itu, jantung memberikan respons dengan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh sehingga dapat memperlancar peredaran darah.

Olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan kemampuan pembuluh darah untuk melebar dan bekerja dengan lebih efektif.

Jangan Stres

Pada saat tubuh kamu mengalami stres, pembuluh darah bakal mengalami penyempitan sehingga sirkulasi darah menjadi terganggu.

Stres memang tidak dapat dihindari, tapi kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengelolanya agar tidak menjadi berlarut-larut.

Selain cara populer seperti meditasi dan teknik pernapasan, kamu bisa melakukan hal-hal yang disukai, misalnya mendengarkan musik, minum teh hangat, melakukan yoga, menghubungi teman, dan sebagainya.

Peran penting untuk menjaga organ peredaran darah tetap sehat sebenarnya berasal dari gaya hidup sehat, juga pola makan yang tepat dan minum yang banyak agar tetap terhidrasi. Apa temen-temen sudah menjalani salah satu dari beberapa solusi diatas?

Nggak ada kata terlambat kok untuk memulai gaya hidup sehat selama kamu punya komitmen untuk menjalaninya.

Yuk, mulai perbaiki gaya hidup kamu untuk melancarkan peredaran darah dan menghindari risiko berbagai penyakit lainnya.(ct7/afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami