Bisnis Today

Cara Mudah Investasi Reksadana bagi Para Pemula, Cek!

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Investasi reksadana menjadi cara yang paling mudah untuk kalangan milenial yang pertama kali masuk ke dunia investasi dan menjadi investor pemula.

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang menyediakan investasi reksadana dengan berbagai kemudahan.

Menurut Wikipedia, reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana atau modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Investasi reksadana pertama kali bernama Massachusetts Investors Trust yang diterbitkan 21 Maret 1924.

Investasi itu hanya dalam waktu setahun telah memiliki sebanyak 200 investor reksadana dengan total aset senilai US$ 392.000.

Dana tersebut kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam portofolio investasi. Seperti saham, obligasi, pasar uang ataupun efek, dan sekuriti lainnya.

Pada hal ini, manajemen investasi mengelola dana-dana yang ditempatkannya pada surat berharga dan menghasilkan keuntungan atau kerugian. Selain itu, menerima dividen atau bunga yang dibukukannya ke dalam Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana itu.

Kekayaan reksadana yang dikelola oleh manajer investasi wajib disimpan pada bank kustodian yang tidak terafiliasi dengan manajer investasi. Bank kustodian inilah yang akan bertindak sebagai tempat penitipan kolektif dan administratur.

Cara Investasi Reksadana bagi Pemula dengan Aplikasi Bibit

Ada cara mudah agar bisa investasi reksadana untuk pemula yaitu dengan menggunakan aplikasi Bibit. Dikutip dari laman resminya (https://faq.bibit.id/id/article/apa-itu-bibit-1dok0dx/), Bibit adalah aplikasi reksa dana untuk membantu investor pemula mulai berinvestasi.
Siapapun bisa langsung investasi dengan optimal sesuai dengan level risiko.

Teknologi Bibit menggunakan riset pemenang Nobel Prize, Modern Portfolio Theory, untuk menyesuaikan investasi kamu ke reksa dana yang cocok dengan profil risiko, sesuai dengan usia, toleransi risiko, serta keadaan finansial kamu.

Berikut Cara Membeli Produk Reksadana di Aplikasi Bibit

Pertama, download aplikasi Bibit yang tersedia di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi Bibit memiliki logo huruf “B” berwarna hijau.

Kemudian, lakukan registrasi dengan menggunakan e-mail atau sosial media. Lalu, isi kuisoner untuk Robo Advisor yang akan membantu mengukur level investasi.

Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan pembelian produk reksadana yang sudah dipilih otomatis berdasarkan hasil kuisoner di awal registrasi. Tinggal klik “Investasi Sekarang”

Lalu, kamu tinggal melakukan transaksi sesuai petunjuk yang ada di dalam layar HP. Transaksi pembelian pun bisa dilakukan dengan mudah, yaitu melalui Ovo, GoPay, sampai M-Banking.

Perlu diperhatikan, setiap produk reksadana memiliki risiko tersendiri. Baik pasar uang, obligasi, dan saham punya level risiko yang berbeda.

Namun, seiring berjalannya waktu, investor pasti akan mendapatkan keuntungan dengan jangka panjang. Jadi jangan menyerah dan terus membaca berbagai sumber referensi, ya Today’s People.(afs/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button