Tips, Trik, dan Tutorial

Cara Mudah Mematikan Smartphone Baterai Tanam Hang atau Stuck

CIANJURTODAY.COM – Mematikan smartphone dengan sistem baterai tanam atau yang dikenal juga dengan istilah smartphone unibody yang hang atau stuck terkenal sulit. Karena, smartphone dengan jenis ini memiliki baterai yang tidak dapat dicabut seperti pada kebanyakan handphone di zaman dulu.

Bahkan sampai saat ini hampir semua smartphone keluaran terbaru menggunakan sistem baterai tanam. Namun tentu saja dimana ada kelebihan selalu ada kelemahannya.

Salah satu di antaranya ketika kemampuan baterai telah berkurang atau telah drop pengguna smartphone akan sedikti kesulitan untuk mengganti baterainya.

Ketika smartphone baterai tanam hang atau stuck, kita akan kesulitan mencabut baterai untuk menghilangkan daya dari baterai agar smartphone mati dan restart.

Jika menggunakan baterai bukan tanam, saat smartphone hang kita bisa dengan mudah mencabut baterainya, kemudian kita hidupkan lagi smartphone.

Cara Mematikan Smartphone Baterai Tanam Hang atau Stuck

Lalu adakah cara mematikan smartphone baterai tanam hang atau stuck? Nah, berikut ini caranya.

Tekan Tombol Power dan Volume Down Beberapa Detik

Kebanyakan smartphone dengan baterai tanam untuk mematikan handphone agar restart ketika stuck atau hang dengan cara menekan tombol power (tombol lock) dan tombol volume down (untuk mengecilkan suara) secara bersamaan beberapa detik.

Jika menekan tombol power dan volume down hanya sebentar biasanya justru akan memunculkan fungsi sebagai screenshot, namun jika ditekan agak lama maka akan membuat smartphone menjadi restart.

Namun ada juga smartphone yang ketika ditekan tombol volume down dan power secara bersamaan beberapa detik muncul pilihan screen dan restart, jadi kita pilih saja restart.

Tekan Tombol Power, Volume Up dan Volume Down Secara Bersamaan

Jika ternyata dengan menekan tombol power dan volume down tidak membuat smartphone kamu mati ketika hang, kamu bisa pakai cara kedua yaitu dengan menekan tombol power (tombol lock), tombol volume up (tombol untuk membesarkan suara) dan tombol volume down (tombol untuk mengecilkan suara), ketiga tombol tersebut ditekan secara bersamaan dalam waktu beberapa detik sampai smartphone mati dan restart sendiri.

Tunggu Sampai Baterai Habis

Jika ternyata kedua cara sebelumnya tidak menyelesaikan masalah cara terakhirnya adalah dengan menunggu sampai daya benar-benar habis. Setelah smartphone mati baru daya lagi dengan melakukan charging baterai kamu sampai penuh kemudian hidupkan kembali smartphonenya.

Lihat Petunjuk di Buku Panduan

Ketika kamu membeli smartphone biasanya di dalam box terdapat buku panduan tentang semua fungsi dan cara menggunakan smartphone tersebut.

Carilah cara mengatasi masalah tersebut, biasanya dalam buku panduan terdapat cara mematikan smartphone kamu ketika terjadi hang. Karena bisa saja cara yang digunakan untuk smartphone kamu berbeda dengan cara yang digunakan oleh smartphone lainnya.(ct7/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker