Tips, Trik, dan Tutorial

Cara Mudah Mengobati Cantengan Atau Kekeongeun

CIANJURTODAY.COM – Cantengan atau kekeongeun adalah bengkak pada ujung jari yang biasanya bernanah. Kondisi seperti ini agak menyiksa bagi yang pernah mengalaminya.

Selain sakit, bernanah, bahkan berdarah terkadang bau menyengat pun tercium. Penyebab bengkak bisa jadi karena pertumbuhan sisi kuku yang menjorok kedalam hingga melukai kulit. Biasanya terdapat pada jempol kaki.

Cantengan disebabkan oleh beberapa hal seperti masuknya kuku ke dalam daging karena terlalu pendek saat memotong kuku, memakai sepatu yang terlalu sempit, dan lain sebagainya.

Ini mungkin terlihat sebagai penyakit ringan. Namun jangan sepelekan penyakit ini. Beberapa kasus pembedahan sering terjadi akibat dari cantengan.

Nah bagi Anda yang sedang mengalami kondisi seperti ini jangan khawatir. Cianjur Today sudah merangkum cara mengobati cantengan atau kekeongeun dari berbagai sumber. Simak ulasannya!

1 Balut Luka dengan Perban

Salah satu penyebab cantengan terasa sakit adalah infeksi yang menyebabkan kulit iritasi dan bernanah. Untuk menghindari adanya kotoran yang masuk pada area cantengan, Anda dapat gunakan perban.

Membalut area yang cantengan dapat melindunginya dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi lebih parah. Perban pun dapat digunakan untuk memisahkan kuku dan kulit secara perlahan agar bisa mengeluarkan kuku yang tumbuh ke dalam dan memotongnya.

2 Rendam Kaki dengan Air Hangat

Saat mengalami cantengan, bakteri mudah sekali tumbuh. Nah, agar area yang terkena cantengan selalu dalam keadaan bersih, maka rendamlah kaki dengan larutan sabun dan air hangat. Lakukan sekitar tiga sampai empat kali sehari.

Merendam kaki dalam air angat, faktanya bermanfaat untuk membantu menjaga area jari yang cantengan jadi bersih dan bebas bakteri. Anda bisa menggunakan cuka apel, garam epsom, atau sabun sebagai tambahan air rendaman.

3 Pakai Gumpalan Kapas

Gunakan kapas atau kain kasa untuk menghilangkan rasa nyeri. Cukup buat gumpalan kapas kecil lalu taruh kapas di bawah kuku yang masuk pada daging. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada daging.

Cara ini mungkin membuat Anda tidak nyaman dan menimbulkan sedikit rasa sakit, tapi cukup ampuh untuk mengurangi nyeri di area yang cantengan

4 Hindari Penggunaan Sepatu Sempit

Agar cepat sembuh, hindarilah penggunaan sepatu yang sempit dan heels. Sepatu yang sempit dan heels bisa menimbulkan rasa sakit semakin besar. Hal ini membuat cantengan lebih lama sembuh, karena bisa memberi tekanan yang lebih besar pada jari kaki yang cantengan. Maka cobalah pakai alas kaki yang lebih longgar.

5 Gunakan Salep Khusus

Neosporin, Polysporin, dan Bactroban adalah berbagai jenis salep yang bisa digunakan untuk mengatasi cantengan. Penggunaan salep sangat efektif sembuhkan cantengan.

Caranya cukup oleskan salah satu salep antibiotik tersebut di sekitar area cantengan kuku kaki untuk mencegah infeksi. Kaki memang mudah terkena kuman. Jadi, jaga kebersihan kuku kaki, apalagi jika kulit Anda rentan dan sakit.

Nah itu dia beberapa cara mengobati cantengan atau kekeongeun. Semoga bermanfaat! (ct2)

Sumber: Hello Sehat, IDN Times

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami