Tips, Trik, dan Tutorial

Cara Pasang Listrik Baru Secara Online, Mudah dan Cepat

CIANJURTODAY.COM – Sebelum menuju ke cara pasang listrik baru online, kita harus sadari bahwa keberadaan sumber energi listrik sangatlah membantu dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dengan adanya listrik membuat seluruh proses pekerjaan menjadi mudah dan lebih efisien.

Awalnya saat Indonesia masih belum punya pasokan listrik semua masih bergantung pada pencahayaan dari lampu minyak tanah saja. Seluruh proses pertanian dilakukan secara sederhana tanpa adanya bantuan alat sama sekali.

Sejak adanya sumber daya listrik, seluruh kegiatan industri, pertanian sampai tekstil menjadi berkembang sangat pesat dan akhirnya berhasil memajukan ekonomi Indonesia secara perlahan.

Hingga saat ini, PLN terus menyediakan pasokan listrik mulai dari Sabang sampai Merauke dan akan terus meningkatkan pelayanannya sampai pelosok. Agar kamu bisa lebih mengerti tentang PLN dan cara mudah untuk memasang baru di rumah kamu makanya simak terus artikel ini sampai habis.

PLN atau disebut juga dengan Perusahaan Listrik Negara memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik sebelum pertama kali ada di Indonesia.

PLN sendiri merupakan sebuah badan yang mengurus pengadaan jasa listrik dan dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. PLN juga merupakan bagian penting dari Perusahaan Perseroan di bawah Kementrian BUMN secara langsung.

Cara Pasang Baru Listrik Online

Semenjak perkembangan teknologi internet menjadikan berbagai proses menjadi lebih mudah. Walaupun begitu sama halnya dengan pemasangan listrik baru di rumah kamu.

Sekarang sudah bisa menggunakan jasa PLN Online dengan mudah. Di bawah ini ada cara yang mudah untuk mendaftar pasang baru PLN secara online.

  • Pertama, masuklah ke halaman pln.co.id
  • Setelah kamu masuk situs PLN, pilihlah menu Pasang Sambungan.
  • Berikutnya akan muncul halaman Syarat dan Ketentuan untuk Pasang Baru, turunkan sampai paling bawah, pencetlah tombol Setuju setelah kamu selesai membaca tulisannya.
  • Kamu diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran dengan data yang lengkap dan benar sesuai dengan Kartu Identitas yang kamu punya.
  • Selanjutnya kamu wajib mengisi Data Pemohon dan isilah seluruh kolom dengan lengkap dan benar supaya data kamu bisa terdaftar.
  • Setelah data sudah kamu isi dengan benar barulah kamu menekan menu Hitung Biaya. Dari menu tersebut kamu akan tahu berapa banyak nominal yang harus kamu bayarkan untuk membuat sambungan listrik baru di rumah kamu.
  • Bayarlah sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan lewat ATM atau kamu bisa datang langsung ke kantor PLN terdekat.

Kamu juga harus menyiapkan beberapa persyaratan untuk pengajuan sambung listrik baru PLN yaitu:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk kamu sebagai pengguna bangunan yang masih berlaku.
  2. Gambaran denah atau peta lokasi rumah untuk memudahkan anggota lapangan dalam melakukan survei menuju lokasi rumah kamu.
  3. Sebuah surat kuasa apabila pengajuan permohonan pemasangan listrik tidak bisa dilakukan langsung oleh kamu.
    Sekarang terdapat 12 golongan tarif baru yang diberlakukan, disebut juga dengan tarif adjustment. Hal ini juga merujuk kepada Peraturan Menteri ESDM Nomor 31 dan 33 Tahun 2014.

Selain itu diterapkan juga biaya yang lainnya seperti biaya penyambungan, uang jaminan untuk berlangganan dan berbagai ketentuan lainnya. Berikut ini adalah beberapa biaya yang harus kamu siapkan:

  • Biaya Guna Pembangunan (BP)
  • Uang Jaminan Sebagai Langganan (UJL)
  • Biaya Materai sebesar Rp6.000
  • Membeli token listrik atau Stroom Perdana minimal sejumlah Rp5.000.

Jika dijumlahkan seluruhnya, biaya pemasangan listrik baru bisa mencapai sebesar Rp1.218.000 yang sudah mencakup biaya yang disebutkan di atas. Ini adalah rincian biaya pemasangan listrik di rumah kamu.(ct7/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker