Tips, Trik, dan Tutorial

Cara Praktis Screenshot di Laptop dan PC Paling Mudah

CIANJURTODAY.COM – Screenshot biasanya dilakukan di ponsel android. Tapi, tahukah kamu bagaimana cara agar bisa screenshot di laptop atau PC? Screenshot merupakan gambar layar PC atau laptop dan dapat disimpan di penyimpanan kamu. Bahkan, Screenshot sangat berguna bila kamu hendak menunjukkan pada seseorang tentang hal yang kamu lihat pada layar laptop atau PC kamu.

Ada banyak cara screenshot di laptop di luar sana. Tapi, kali ini Cianjur Today akan memberikan tutorial bagaimana cara screenshot di laptop atau PC yang lebih praktis dan mudah dilakukan. Simak caranya berikut ini:

Cari hal yang ingin kamu screenshot

Pertama, kamu harus mencari gambar yang ingin kamu screenshot. Kamu bisa menangkap layar tampilan google, hasil game, video, dokumen-dokumen penting, dan lain sebagainya.

Biasanya orang-orang yang melakukan screenshot kerap menangkap layar dari sebuah video agar menjadi sebuah gambar. Atau menangkap layar tampilan Google untuk berbagai riset tertentu. Kamu bisa mencari hal yang ingin kamu screenshot.

Tekan Tombol-tombol Screenshot

Setelah kamu menemukan layar yang ingin kamu screenshot, kamu tinggal melakukan screenshot dengan menekan tombol Ctrl kemudian Alt dan tombol Printscreen.

Caranya anda tekan dan tahan tombol Ctrl terlebih dahulu. Setelah itu, kamu tekan dan tahan tombol Alt. Kemudian kamu tekan tombol Printscreen.

Bagi kamu yang tidak tahu tombol Printscreen, letak tombol tersebut biasanya berada di atas tombol insert. Selain itu, biasanya tombol tersebut tertulis “Prtsc”.

Buka Aplikasi Paint

Setelah melakukan cara di atas, kamu harus membuka aplikasi Paint terlebih dahulu. Aplikasi Paint bisa dibuka di Menu Windows dan kamu tinggal cari “Paint”.

Setelah kamu buka aplikasi Paint, kamu tinggal menekan tombol Ctrl+V. Caranya, kamu tekan dan tahan tombol Ctrl, kemudian tekan tombol V. Atau, kamu bisa klik kanan kemudian klik Paste

Kamu pun akan melihat gambar yang sudah kamu screenshot. Terakhir, kamu cukup menyimpan gambar tersebut dengan menekan tombol Ctrl+S. Caranya tekan dan tahan tombol Ctrl, kemudian tekan tombol S.

Terakhir, kamu tinggal namai tangkapan layarmu dan pilih format yang ingin kamu gunakan, kemudian klik Save.

Itulah, cara screenshot di laptop dengan mudah dan praktis. Dengan demikian, gunakanlah cara tersebut dengan bijak dan tidak melanggar peraturan. Selamat mencoba!(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button