Today

Cegah Anak Terpapar Covid-19, Dinkes Cianjur: Penuhi Gizinya Secara Seimbang

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemenuhan gizi seimbang ternyata dapat meminimalisir dan mencegah anak terpapar Covid-19. Selain itu, penerapan protokol kesehatan 5M secara ketat pun wajib untuk terus dilakukan setiap saat.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Teni Hernawati mengungkapkan, pemenuhan gizi seimbang sangat diperlukan untuk menghindari anak terpapar Covid-19.

“Orang yang memiliki gangguan dan masalah gizi akan membuat imunitas rendah. Kalau imunitas mau bagus, maka asupan gizi pun harus baik,” ujar Teni kepada Cianjur Today, Jumat (25/6/2021).

Dinkes Kabupaten Cianjur, kata Teni, jelas harus mendukung pemenuhan gizi seimbang bagi anak. Mengingat, di Jawa Barat sudah banyak kasus anak terpapar Covid-19.

“Iya, pemenuhan gizi seimbang pada anak dapat menentukan ia menjadi cerdas, termasuk pola asuh orang tua juga berpengaruh,” ucap Teni.

Ia pun terus berupaya menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pemenuhan gizi seimbang pada anak dan keluarga. Termasuk membantu penambahan gizi bagi masyarakat.

“Kami melakukan edukasi tentang gizi, penambahan gizi bagi yang kurang dan gizi buruk. Sekaligus kami sosialisasikan juga soal Pedoman Gizi Seimbang (PGS),” jelas Teni.

Teni mengungkapkan, puskesmas kini sangat rawan dengan paparan Covid-19, pihaknya memiliki sejumlah kegiatan demi membantu pelayanan gizi seimbang pada anak.

“Kami ada kegiatan yang namanya penimbangan balita setiap bulan di posyandu. Sementara untuk mengetahui status gizi, bisa melalui aplikasi yang kami miliki,” papar Teni.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh keluarga dan orang tua di Kabupaten Cianjur, untuk terus meningkatkan imunitas anak dan keluarga dengan gizi seimbang.

“Tingkatkan kebersihan lingkungan. Jangan kendor menerapkan protokol kesehatan kapan saja dan di mana saja,” tandas dia.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks