Tips, Trik, dan Tutorial

Cek 3 Cara Pasang Themes WordPress Paling Simpel dan Mudah

CIANJURTODAY.COM – Themes WordPress (Tema WordPress) adalah template dan lembar gaya yang dibuat oleh para perancang dan pengembang web yang tersedia untuk diunduh dan digunakan langsung ke situs Anda. Sehingga, Anda wajib tahu Cara Pasang Themes WordPress.

Ada ribuan tema WordPress yang tersedia (baik gratis maupun berbayar). Anda mungkin ingin mencoba beberapa yang terdapat di situs web Anda sampai menemukan yang tepat. Dalam panduan yang sederhana ini, kami akan membagikan petunjuk langkah demi langkah terperinci tentang cara memasang tema WordPress.

Cara Pasang Themes WordPress

Ada tiga cara berbeda untuk memasang tema atau themes WordPress, sehingga Anda dapat memilih metode mana yang paling sesuai untuk Anda.

1. Pasang Tema Menggunakan Pencarian Tema Admin WordPress (WordPress Admin Theme)

Jika Anda ingin menginstal tema WordPress gratis dari direktori tema WordPress.org, maka Anda dapat menjelajahi direktori ini dari dalam dasbor WordPress. Untuk menelusuri direktori, masuk ke area admin WordPress. Selanjutnya, buka halaman Appearance » Themes dan klik tombol Add New.

Pada layar berikutnya, Anda dapat memilih dari: Popular, Latest, atau Favorites. Jika Anda sudah mengetahui tema yang ingin digunakan, maka cukup ketikkan namanya di kolom ‘Telusuri tema’ (Search themes).

Berdasarkan pencarian, Anda akan melihat daftar tema yang memenuhi kriteria Anda. Saat Anda melihat tema yang ingin diinstal, cukup arahkan mouse ke gambar tema. Ini akan mengarah pada tombol Install, Preview dan ‘Details & Preview’. Silakan dan klik tombol Instal.

WordPress juga akan menampilkan tombol ‘Aktifkan’ (Aktivate) dan ‘Pratinjau Langsung’ (Live Preview). Untuk mulai menggunakan tema ini di situs WordPress Anda, klik tombol Aktifkan. Anda telah berhasil menginstal dan mengaktifkan tema WordPress.

Anda juga dapat mengedit tema menggunakan penyesuai tema WordPress bawaan. Untuk melakukan ini, pilih Appearance » Customize.

2. Instal Tema Menggunakan Metode Unggah dari Admin WordPress

Pada metode pertama, hanya memungkinkan Anda untuk menginstal tema gratis yang tersedia di direktori tema WordPress.org. Bagaimana jika Anda ingin memasang tema WordPress premium dari perusahaan seperti StudioPress, Elegant Themes, atau Themify? Atau bagaimana jika Anda ingin memasang tema khusus?

Nah, dalam cara ini, Anda perlu pasang tema dengan mengunggahnya ke akun WordPress. Mulailah dengan mengunduh file .zip dari tema yang Anda beli dari pasar atau toko tema komersial. Selanjutnya, buka halaman Appearance » Themes di area admin WordPress Anda dan klik tombol Add New pada bagian atas.

Ini akan membawa Anda ke halaman ‘Tambahkan Tema’ yang menampilkan tema gratis unggulan. Karena Anda sudah memiliki tema yang ingin diinstal, lanjutkan dan klik tombol ‘Upload Theme’.

Anda sekarang dapat mengklik ‘Choose from’ dan pilih file .zip yang telah diunduh sebelumnya. Kemudian cukup klik tombol Instal Sekarang (Instal Now).

Setelah tema terinstal, Anda akan melihat pesan ‘Theme installed successfully’. Anda juga akan melihat tautan untuk melihat pratinjau atau mengaktifkan tema. Untuk mulai menggunakan tema tersebut di situs WordPress Anda, klik Aktivate.

Kunjungi situs web Anda dan lihat tema baru yang sudah Anda pasang. Namun, beberapa tema perlu menambahkan pengaturan tambahan yang mungkin perlu Anda konfigurasi. Tergantung pada tema yang Anda pilih. Anda mungkin perlu menyesuaikan atau membuat konfigurasi ini di penyesuai WordPress atau melalui panel opsi tema terpisah.

3. Cara Pasang Tema WordPress menggunakan FTP (File Transfer Protocol)

Jika Anda merasa ingin berimajinasi dan ingin meningkatkan keterampilan, Anda dapat mempelajari cara menginstal tema WordPress menggunakan FTP. Ingat, metode ini tidak direkomendasikan untuk pemula karena cukup kompleks.

Pertama, Anda perlu mengunduh file .zip tema ke komputer. Setelah itu, Anda perlu meng-unzip file tersebut. Ini akan membuat folder baru dengan nama tema di komputer Anda. Misal, kita mengunduh versi gratis dari tema WordPress Hestia.

Sekarang setelah memiliki file tema, Anda siap untuk mengunggahnya ke situs web. Untuk melakukannya, Anda harus terhubung ke akun hosting WordPress menggunakan klien FTP. Setelah terhubung, Anda harus pergi ke folder ‘/wp-content/themes/’. Di dalam, Anda akan melihat folder untuk semua tema yang saat ini diinstal di situs web Anda.

Anda dapat mengunggah tema baru dengan menambahkannya ke folder ‘wp-content/themes’ ini. Pilih folder tema (themes folder) yang belum di-zip dari komputer Anda. Kemudian Anda dapat menarik dan melepaskan folder tema ini ke folder ‘tema’ (themes) situs web Anda.

Setelah Anda mengunggah tema, beralih kembali ke dasbor WordPress. Lalu pergi ke Appearance » Themes. Sekarang akan melihat tema yang baru saja Anda unggah. Untuk menggunakan tema ini di situs web, Anda cukup arahkan mouse ke atas tema itu. Kemudian klik tombol Aktifkan (Aktivate).

Itulah 3 (tiga) cara simpel yang bisa Anda gunakan untuk pasang tema atau themes di situs WordPress Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami