Gaya Hidup

Cek! Ada 18 Kampus di Indonesia yang Masuk Daftar 200 Kampus Terbaik Asia 2021

CIANJURTODAY.COM – Dilema memasuki dunia perguruan tinggi bagi calon mahasiswa memang tak bisa dihindari. Pasalnyam mereka harus mencari universitas yang terbaik demi menunjang masa depannya. Artikel di bawah ini akan memberi kamu referensi pilihan daftar universitas terbaik di Indonesia, bahkan di Asia.

Lembaga pemeringkatan universitas dunia 4ICU UniRank merilis daftar 200 Universitas terbaik di Asia 2021. Dari daftar tersebut, ada 18 kampus di Indonesia yang termasuk dalam 200 daftar kampus terbaik.

Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) berada di urutan teratas untuk kampus Indonesia. 4ICU UniRank menggunakan tiga kriteria penilaian untuk mengurutkan peringkat perguruan tinggi tersebut.

Kriteria pertama, diakreditasi langsung oleh otoritas pendidikan setempat dalam hal ini Kemendikbud. Kedua, menawarkan gelar sarjana dan pascasarjana. Ketiga, memiliki kelas tatap muka dan kelas daring.

Berdasarkan penilaian tersebut, Universitas Gadjah Mada (UGM) didaulat di urutan pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia, disusul oleh Universitas Indonesia (UI). Kemudian ada 16 perguruan tinggi lainnya yang termasuk dalam 200 kampus terbaik versi UniRank.

UniRank merupakan suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 13.600 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar di 200 negara.

UniRank hanya memeringkat lembaga pendidikan tinggi dunia yang memenuhi persyaratan. Di antaranya secara resmi diakui, dilisensikan dan atau diakreditasi oleh badan nasional atau regional seperti Kementerian Pendidikan Tinggi atau organisasi akreditasi yang diakui pemerintah setempat.

Perguruan tinggi juga secara resmi dilisensikan atau diotorisasi untuk memberikan setidaknya gelar sarjana empat tahun (Gelar Sarjana) dan atau gelar pascasarjana (Gelar Master dan Doktor). Selain itu, menyediakan kursus pendidikan tinggi terutama dalam format pembelajaran tatap muka tradisional yang disampaikan melalui fasilitas kampus.

Berikut 18 kampus di Indonesia yang termasuk dalam 200 pendidikan tinggi terbaik se-Asia versi UniRank:

  1. Posisi ke-28 Universitas Gadjah Mada (UGM),
  2. Posisi ke-33 Universitas Indonesia (UI)
  3. Posisi ke-53 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  4. Posisi ke-66 Universitas Airlangga (Unair)
  5. Posisi ke-70 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY),
  6. Posisi ke-75 Universitas Brawijaya
  7. Posisi ke-76 Universitas Diponegoro
  8. Posisi ke-83 Universitas Sebelas Maret
  9. Posisi ke-91 Universitas Muhammadiyah Malang
  10. Posisi ke-98 Universitas Negeri Semarang
  11. Posisi ke-104 Universitas Pertanian Bogor
  12. Posisi ke-114 Universitas Bina Nusantara
  13. Posisi ke-130 Universitas Negeri Malang
  14. Posisi ke-131 Institut Teknologi Bandung
  15. Posisi ke-161, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  16. Posisi ke-171 Universitas Udayana
  17. Posisi ke-174 Universitas Andalas
  18. Posisi ke-183 Institut Teknologi 10 November

(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker