Gaya Hidup

Cek di Sini! Biaya atau Harga Rapid Test Antigen, Antibodi, PCR, dan GeNose

CIANJURTODAY.COM – Cek di sini biaya atau harga Rapid Test Antigen, Antibodi, PCR, dan GeNose untuk melakukan tes apakah seseorang terkena infeksi virus Corona atau tidak. Tes tersebut gunanya untuk memenuhi suatu persyaratan baik perjalanan ke luar kota maupun kebijakan yang lainnya.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Namun, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan dari Rapid Test Antigen, Rapid Test Antibodi, PCR Test, dan GeNose juga berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk test tersebut. Cianjur Today akan membahasnya, simak di bawah ini, ya!

Biaya atau Harga Rapid Test Antigen

Tes ini mengidentifikasi orang-orang yang saat ini terinfeksi virus corona dan dapat digunakan untuk menyaring orang untuk mengidentifikasi mereka apakah membutuhkan tes yang lebih pasti atau tidak.

Cara kerja rapid test antigen atau tes cepat antigen merupakan tes untuk mendeteksi fragmen protein virus (nukleokapsid) dalam sampel sekresi yang dikumpulkan dari hidung dan tenggorokan menggunakan metode usap (swab).

Para peneliti memperkirakan tes antigen tidak seakurat tes diagnostik PCR. Namun, tes ini digunakan untuk menyaring pasien dari infeksi.

Lama waktu yang dibutuhkan untuk mendeteksi virus Corona aktif melalui rapid test antigen adalah 20 hingga 30 menit.

Sedangkan akurasi pemeriksaan ini cukup akurat karena sensitivitasnya hingga 80 persen. Sedangkan harga untuk pemeriksaan rapid test antigen ini lebih mahal dibanding rapid test antibodi yaitu di atas Rp200 ribu.

Biaya atau Harga Rapid Test Antibodi

Tes ini mendeteksi apakah seseorang pernah terpapar atau terinfeksi virus corona sebelumnya. Tes antibodi tidak akan menunjukkan apakah seseorang sedang terinfeksi.

Sampel yang digunakan dalam tes antibodi adalah darah seseorang. Dari sampel ini peneliti akan melihat ada atau tidak antibodi virus corona.

Secara umum, tes ini tidak cukup akurat jika berdasarkan hasil. Karena antibodi seseorang biasanya baru akan terbentuk 14 hari setelah orang tersebut terinfeksi Covid-19.

Peneliti juga mengatakan antibodi tidak tentu akan melindungi seseorang dari Covid-19 lagi. Seperti tes antigen, hasil tes antibodi dapat keluar dalam beberapa menit.

Lama waktu yang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya antibodi dalam tubuh adalah 5 hingga 10 menit.

Harga rapid test antibodi ini cukup terjangkau dibanding test antigen yaitu sekitar Rp150 ribu bahkan di beberapa rumah sakit harganya bisa di bawah Rp100 ribu jika sedang ada promo.

Biaya atau Harga PCR Test

Tes ini dapat digunakan untuk mendiagnosis adanya virus corona Covid-19 pada seseorang. Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dilakukan dengan mengumpulkan sampel secara swab hidung atau tenggorokan. Tes ini mendeteksi materi genetik atau RNA dari virus corona.

PCR Test adalah tes yang paling andal. Namun, tes ini tidak dapat mengidentifikasi pada orang yang baru saja terinfeksi karena virus kemungkinan belum berkembang biak di tenggorokan dan hidung.

Sampel sekresi harus dikirim ke laboratorium untuk dianalisis, sehingga memerlukan waktu beberapa hari untuk mendapatkan hasilnya. Tapi umumnya, hasil tes tidak akan keluar lebih dari seminggu.

Biayanya terbilang sangat mahal. Tes PCR di kisaran harga Rp900 ribu atau lebih dan hasil tes akan keluar maksimal 48 jam.

Biaya atau Harga GeNose

Berbeda dengan pendeteksi lainnya, alat ini bisa mendeteksi hanya dengan lewat hembusan nafas. GeNose C19 ini dibuat khusus oleh tim ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM).

GeNose C19 sendiri sudah menjalani uji diagnostik pada Oktober 2020 dengan desain uji diagnostik berupa cross sectional dan triple blinded. Pada tahap awal penerapannya, akan difungsikan sebagai alat screening Covid-19 dan waktu yang dibutuhkan GeNose C19 ini hanya tiga menit saja.

Pada tahap awal penerapannya, akan difungsikan sebagai alat screening Covid-19 dan waktu yang dibutuhkan GeNose C19 ini hanya tiga menit saja.

Selain diklaim cepat dalam melakukan deteksi dan memiliki akurasi tinggi, penggunaan alat ini jauh lebih murah. Harganya sekitar Rp20 ribu untuk sekali pemeriksaan. Itulah biaya Rapid Test Antigen, Antibodi, PCR, dan GeNose.(ct7/rez/bbs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks