Jabar

Cek Fakta Tanjakan Cae di Kabupaten Sumedang yang Sering jadi Lokasi Kecelakaan

CIANJURTODAY.COM – Tanjakan Cae yang berada di Dusun Cilangkap, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang ternyata menyimpan beberapa fakta mengejutkan.

Pasalnya, sembilan tahun lalu pernah ada kecelakaan yang menelan sembilan korban jiwa. Saat itu, tepatnya Rabu petang pada (1/2/2012). Di mana sebuah bus sarat penumpang terperosok ke dalam jurang di Tanjakan Cae akibat rem blong.

Bus nahas bernama Maju Jaya itu pun tengah dalam perjalanan dari arah Malangbong, Garut menuju Subang. Sebanyak sembilan orang dinyatakan tewas akibat kejadian pada 2012 itu.

Tanjakan Cae sendiri diketahui berada di jalur alternatif Malangbong-Wado dan menjadi jalur utama bagi kendaraan yang mengarah ke Subang dan sekitarnya dari arah Tasikmalaya.

Jalur alternatif tersebut juga kerap digunakan pengendara dari arah Tasikmalaya menuju Bandung dan sebaliknya saat jalur Nagreg dilanda kemacetan, seperti saat musim mudik.

Bus Maju Jaya sendiri terperosok ke dalam jurang sedalam 10 meter setelah rem bus blong saat menapaki turunan tajam di Tanjakan Cae. Bus nahas itu sempat menabrak bagian belakang truk dan oleng hingga akhirnya terperosok ke jurang.

Sementara itu, kejadian terulang kembali di Tanjakan Car pada Rabu (10/3/2021) malam terjadi kecelakaan tunggal Bus Pariwisata Sri Padma Kencana dengan Nopol T 7591 TB.

Bus pariwisata rombongan study tour dan ziarah SMP IT Al Muawanah Cisalak, Kabupaten Subang itu terperosok dan terbalik ke dalam jurang sekitar pukul 18.20 Wib dan menyebabkan 16 orang meninggal dunia serta enam lainya terjepit dalam bus.

Dalam video yang tersebar luas di media sosial, bus nahas bernama Sri Padma itu terperosok ke jurang dengan posisi ban menghadap ke atas.

Berdasarkan informasi terbaru, polisi menyatakan bahwa 27 orang tewas akibat kejadian itu. Para korban selamat, termasuk korban tewas telah ditangani di Puskesmas Wado.

Berikut Fakta Mengejutkan Terkait Tanjakan Cae:

  1. Curam dengan Belokan Tajam

Bagian selatan wilayah Kecamatan Wado yang menjadi akses ke Kecamatan Garut merupakan wilayah yang memiliki kemiringan lumayan curam di beberapa titik.

Akses jalan menuju Malangbong di Desa Sukajadi merupakan tanjakan yang panjang dan lumayan curam serta ada beberapa belokan cukup tajam.

Jika dilewati dari arah Malangbong menuju Wado, merupakan jalan menurun. Jalan yang melewati punggung Gunung Cakrabuana bagian utara ini, terkenal rawan akan kecelakaan.

  1. Langganan Kecelakan

Kecelakan di Tanjakan Cae sering terjadi seperti langganan. Mulai dari 1980-an terjadi kecelakaan yang melibatkan grup kesenian calung yaitu Ki Jebrag Group.

Lalu 2012 silam, kecelakaan bus Maju Jaya jurusan Tasikmalaya – Cikampek menjadi kecelakaan yang paling banyak memakan korban yang pernah terjadi di Kabupaten Sumedang.

Bus Maju Jaya yang membawa penumpang sebanyak 38 orang ini mengalami kecelakaan setelah mengalami rem blong dan terjun ke jurang sedalam sepuluh meter. Akibatnya, 12 orang meninggal dunia dan 26 orang luka-luka.

Teranyar, kecelakaan tunggal Bus Pariwisata Sri Padma Kencana yang membawa rombongan ziarah SMP IT Al Muawanah Cisalak, Kabupaten Subang itu terperosok dan terbalik ke dalam jurang sekitar pukul 18.20 Wib. Hal itu menyebabkan 27 orang meninggal dunia.

  1. Jalur Alternatif Kemacetan

Tanjakan Cae merupakan jalur utama bagi kendaraan dari Garut yang menuju Sumedang atau sebaliknya. Namun dalam kondisi tertentu, Tanjakan Cae menjadi jalur alternatif jika arus lalulintas di kawasan Nagreg mengalami kepadatan agar tidak terjebak macet.(ct7/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks