GAYA HIDUP

Ceria Bersama, Inilah Serba-serbi Lomba Agustusan di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cugenang – Aneka lomba Agustusan menjadi salah satu kegiatan dalam memeriahkan HUT RI setiap 17 Agustus. Seperti yang dilakukan oleh warga Kampung Ciseupan, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (17/8/2019).

Bertempat di sebuah lapangan yang terletak di depan Gardu Induk PLN, masyarakat rame-rame menyemarakan HUT RI dengan perlombaan. Mereka tampak tertawa dan ceria bersama, mulai anak-anak sampai orang tua.

Seperti dalam perlombaan balap karung yang diikuti sejumlah anak-anak. Tapi tidak seperti balap karung pada umumnya, mereka duduk sambil menggunakan karung yang menutupi kaki sampai pundaknya.

Anak-anak pun pun menggunakan helm ful face saat berlomba.

Ketika mereka mulai balapan, satu per satu anak mulai berjatuhan. Sontak hal ini membuat para panitia tertawa terpingkal-pingkal. Panitia pun membangunkan anak yang jatuh untuk kembali balapan. Penonton dan panitia lagi-lagi tertawa.

Baca Juga:

Ada juga perlombaan yang diikuti sejumlah emak-emak. Tapi mereka tidak mengikuti lomba balap karung, melainkan memindahkan tepung pakai piring.

Lomba ini tidak mudah, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Nah setiap kelompok terdiri dari tiga orang. Mereka memindahkan tepung menggunakan piring dengan berbaris. Orang pertama memindahkn tepung secara estafet ke orang di belakangnya. Begitu seterusnya.

Namun banyak yang gagal. Tepung tumpah ke pakaian yang dipakai peserta. Meskiopun gagal, lagi-lagi suasana perlombaan penuh tawa.

Di Kampung Baru, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, perlombaan dimulai sejak ppagi. Masyarakat dari anak-anak sampai orang tua sudah berkumpul di sebuah lapangan. Mereka hendak jalan santai.

Tapi bukan cuma jalan santai. Para peserta membawa pengki, sapu lidi, dan kantong plastik. Selain jalan santai, peserta juga memungut sampah sepanjang perjalanan. Sampah tersebut nantinya dikumpulkan dan ditimbang.

Selain lomba Agustusan seperti yang dijelaskan di atas itu, ada banyak perlombaan yang kental dengan nuansa Agustusan. Seperti panjat pinang, tarik tambang, seget koin, makan kerupuk, dan lainnya. (rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan