Pendidikan

Cerita Agas, Pelajar Cianjur yang Raih Medali Emas di SEA Games 2019

CIANJURTODAY.COM – I Gede Agastia Darma Wardana atau akrab dipanggil Agas (17), pelajar Kelas XI IPA 7 SMAN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur, berhasil membawa pulang medali emas di perhelatan SEA Games Philipina 2019.

Iya berhasil mengamankan medali emas dalam cabang olahraga Judo. Kepulangan Agas disambut hangat oleh keluarga, Guru dan teman-temannya.

“Ini medali emas pertama saya di SEA Games, berkat dukungan semuanya saya bisa menjadi juara,” ujar putra dari pasangan I Komang Putu Sawitra (48) dan Ni Putu Kusumawati (37) saat ditemui di SMAN 1 Sukaresmi.

Berhasil menjadi kebanggaan Indonesia khususnya Cianjur, Agas tidak senantiasa berubah menjadi sombong. Kepribadiannya yang rendah hati tetap ia junjung tinggi.

Agas mengatakan telah menekuni olahraga judo sejak dirinya masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar.

“Pertama ikut olahraga Judo karena kebetulan bimbingan oleh pelatih Judo. Pertama ikut karena disuruh ikutan sama bibi, awalnya iseng-iseng saja,” kata Agas.

Saat melakukan perlombaan pertama, Agas juga tak langsung mendapatkan kemenangan. Justru kegagalan yang menjadikannya sampai pada titik saat ini.

“Sekali kalah pengen nyoba lagi tak putus asa lama lama jadi suka,” katanya.

Agas saat ini tinggal di Padepokan Judo Indonesia, di daerah Ciloto Puncak. Menjadi seorang atlit Judo di usia belia dan telah sampai pada ajang olahraga terbesar di Asia, Agas mengatakan sangat tidak mudah menjalaninya. Butuh kemauan yang besar.

“Akan ada para senior yang membimbing, jadi harus lebih hormat kepada senior di bidang apapun, intinya kalau mau berusaha pasti bisa,” katanya.

Setelah berjuang di Filipina Agas mengaku sangat senang, kembali kesekolah Ia sangat bangga dan terharu karena diaambut guru dan teman yang selalu nonton di youtube dan memberikan dukungan.

“Pulang dari Philipina saya kembali sekolah, pengalaman di sea games merupakan pengalaman berharga bagi saya,” kata sulung dari tiga bersaudara ini.

Dukung Prestasi

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Sukaresmi, Dadan Hamdani menyampaikan bahwa pihak sekolah sepenuhnya mendukung prestasi Agas. Agas diketahui masuk melalui jalur prestasi pada tahun 2018. Sebelumnya juga sempat para pelatnas bersekolah di SMAN1 Sukaresmi, seperti Yudi Sulisyanto dan aktor ternama Joe Taslim.

“Kami memiliki atensi untuk menampung siswa berprestasi. Semua dipermudah, sekolah ingin membantu karier anak-anak. Tentunya prestasi yang diraih Agas suatu kebanggan bagi kami”, ucapnya.

Tidak hanya Agas, tim Judo Indonesia lainnya juga meraih empat emas, dua perak, dan empat perunggu. Agas mengaku pertandingan SEA Games kali ini lumayan menantang, dirinya harus bertanding melawan para atlit berpengalaman yang diatas usianya.

Terakhir Agas memberikan kata-kata semangat bagi teman-temannya, Untuk selalu berusaha dalam mengejar cita-cita.

“Terus berusaha, terus kejar cita-cita jangan pantang menyerah. Tak semua kegagalan itu buruk, ada fase down jadikan itu pelajaran dan pengalaman,” pungkasnya. (ct2)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button