Today

Cerita Doger Monyet yang Keliling di Jalan Raya Cipanas

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Lima tahun sudah Dian (41) menjalankan profesinya sebagai pengamen doger monyet. Ia biasa terlihat di jalanan sekitar Cipanas Kabupaten Cianjur saat macet.

Selain di jalan raya ia juga mengamen di sekitaran perkampungan yang berada di sekitar Kecamatan Cipanas. Seperti di Kampung Tugaran, Kampung Balakang, dan di sekitaran Kampung Sindanglaya.

Ia mengaku tinggal di Sumedang dan bolak-balik ke daerah Bogor, Puncak, Cipanas setiap hari Jumat, Sabtu, Minggu. Atau bisa juga saat dia bisa menemukan jalan yang ramai dengan kemacetan.

Dalam melatih monyetnya, Dian butuh waktu hingga satu tahun. Monyet yang dilatihnya bisa menirukan berbagai aktifitas manusia.

“Untuk melatih monyet pemula sampai bisa bersepeda, bermain egrang, meniru orang lagi kepasar ini selama satu tahun,” ujarnya kepada Cianjur Today, belum lama ini.

Dian bersyukur selama berkerja tidak pernah diusir warga atau di pinggir jalan. Ia pun memperlakukan monyetnya dengan baik tanpa penyiksaan. “Selama melatihnya saya tidak pernah menyiksa,” tambahnya.

Seharian beraksi, ia bisa mengantongi rupiah hingga ratusan ribu. Namun tentu penghasilannya itu tidak menentu. Kadang ramai, kadang sepi.

“Tergantung rame atau tidaknya. Jika ramai dari siang sampai sore bisa membawa uang Rp200 ribu. Jika tidak ramai ya hanya setengahnya saja,” tuturnya.

Ia menilai, antusias masyarakat menyaksikan doger monyet tak seperti dulu. “Memang bisa dikataan tidak seantusias dulu, saya untuk saat ini mengamen hanya di jalan raya yang macet saja,” pungkasnya.(ct6/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker