Today

Cerita Seorang Jurnalis yang Jago jadi Jagal Hewan Kurban di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Sam Apip, salah seorang jurnalis yang juga Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cianjur kerap dipercaya masyarakat menjadi jagal hewan kurban.

Pria yang menetap di Kampung Bedahan RW 10, Desa Mekargalih, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur itu sering diminta untuk menyembelih sapi, domba, atau kambing saat Idul Adha.

Seperti halnya tahun ini, Apip dipercaya tetangganya untuk memotong hewan kurban sapi. Keahlian memotong hewan tersebut didapat setelah berguru pada orang tuanya beberapa puluh tahun yang lalu.

“Pengalaman motong hewan kurban terbilang sudah cukup lama, namun baru-baru ini diketahui banyak warga sekitar lima tahun ke belakang,” kata dia, Rabu (21/7/2021).

Menyembelih hewan kurban memiliki kesan tersendiri bagi Apip. Selain banyak orang yang tak mengira, banyak pula yang menyanjung karena daging hasil sembelihannya tak terhirup bau.

“Malah ada juga yang nyinyir. Kalau dibilang capek sih enggak,” tambahnya.

Tokoh masyarakat Kampung Bedahan Cianjur, Agus Sudrajat menjelaskan, mulanya Sam Apip diketahui bisa menjadi jagal hewan kurban ketika menyembelih domba beberapa tahun lalu.

Saat itu dagingnya tidak berbau, hingga Apip pun sering dipanggil untuk memotong hewan. Kemudian dari mulut ke mulut akhirnya nama Sam Apip kesohor selain sebagaicseorang jurnalis juga seorang tukang potong hewan qurban.

“Kesohor motong domba sebab dagingnya tidak bau,” kata Asep.

Hingga akhirnya, selain aktif menulis berita Apip pun setiap tahun dipercaya warga menjadi seorang jagal hewan kurban. Tidak hanya saat musim kurban saja, ketika masyarakat membutuhkannya maka Apip pun dipanggil untuk menjadi jagal hewan.(rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button