Today

Cerita Wisnu Sopian Bantu Kebutuhan Warga yang Isolasi Mandiri di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Wisnu Sopian (25) seorang pemuda asal Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur inisiatif bantu masyarakat yang isolasi mandiri di rumah. Ia mengantarkan makanan serta barang yang dibutuhkan para pasien.

Jasa tersebut ia tawarkan kepada masyarakat yang sedang isolasi mandiri melalui postingan di akun Twitter @wisnu167 pada Kamis (8/7/2021).

Dalam unggahan akun Twitter Wisnu memperlihatkan foto dirinya yang sedang memegang sebuah kertas bertulisan “Bagi teman-teman Daerah CIPANAS -CIANJUR & SEKITARNYA Yang gak bisa keluar rumah karena sedang ISOMAN namun membutuhkam Makanan, susu bayi atau popok. Silahkan hubungi 087873540793 (Whatsapp) InsyaAllah kami kirimkan sampai depan rumah GRATIS”

“Dalam unggahan itu juga menuliskan keterangan bagi warga yang isoman dan butuh bantuan cukup mengirimkan foto positif Covid-19 dan hal tersebut inisiatif saya sendiri,” tuturnya kepada Cianjur Today saat di hubungi, Senin (26/7/2021).

Wisnu bergerak untuk membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dan tidak bisa pergi keluar membeli kebutuhan. Apalagi ditambah dengan PPKM seperti sekarang ini.

“Jadi ini merupakan inisiatif saya pribadi, mengingat diberlakukannya PPKM darurat, saya cukup prihatin juga karena hal itu menurut saya banyak yang berdampak. Khususnya masyarakat kecil apalagi banyak masyarakat yang terkena Covid-19 dan harus isolasi mandiri,” ucapnya.

Sedangkan mereka yang sedang melakukan isolasi kesulitan untuk keluar membeli kebutuhan poko, seperti makanan.

“Ada yang susu bayi lah, ada yang popok ataupun vitamin. Karena hal itu saya tergerak untuk membantu. Ya setidaknya di daerah saya sendiri,” ujarnya.

Bantu Masyarakat yang Isolasi Mandiri di Rumah

Wisnu sendiri, melakukan hal ini sendirian tanpa ada bantuan relawan. Namun dirinya juga dibantu oleh sejumlah temannya untuk mengantarkan barang yang dibutuhkan warga.

“Saya langsung terjun ke lapangan untuk membantu mendistribusikan kepada teman-teman isolasi Mandiri yang sedang benar-benar membutuhkan,” terangnya.

Selama tiga hari penditribusian, Wisnu Sopian juga memiliki kendala seperti mengalami sedikit kesulitan untuk mencari alamat rumah yang susah dijangkau di Cianjur.

“Walaupun ada kesulitan, sayapun tidak patah semangat dan tetap menyampaikan barang yang dipesan hingga ke tujuan,” jelasnya.

Viralnya unggahan Wisnu, sejumlah netizen pun mulai melakukan donasi. Tetapi Wisnu tidak membuka donasi dalam jumlah besar karena pada awalnya ia memang tidak membuka donasi untul hal ini.

“Akhirnya saya membuka juga, namun dengan catatan donasi tidak dalam bentuk yang besar-besar kita tidak bermaksud menggalang donasi yang cukup besar. Saya akan batasi dan mungkin (kegiatan ini) tidak akan lama juga sih. Sebutuhnya saja gitu bagaimana nanti melihat situasi,” terangnya.

Kegiatan ini sendiri sudah dilaksanakan Wisnu sejak Kamis 8 Juli 2021. Untuk daerah yang wisnu jangkau adalah wilayah Cipanas serta Cianjur.

“Jika ada warga yang sangat membutuhkan, ia akan menginfokan kepada warga lain terutama warga sekitar Cipanas dan Cianjur,” ungkapnya.

Lebih Perhatikan

Wisnu berharap agar pemerintah bisa lebih memperhatikan kembali warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Sebetulnya saya ingin lebih berpesan kepada pemerintah, karena menurut saya harusnya pemerintah lebih bisa melihat situasi atau fakta di lapangan yang terjadi pada teman-teman. Khususnya yang sedang isolasi mandiri di rumah. Masih banyak keperluannya atau keperluan yang benar-benar dibutuhkan yang belum tercukupi,” bebernya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat yang sedang Isoman di wilayah Cipanas supaya jangan sungkan meminta tolong.

“Cukup hanya dengan menulis kebutuhan yang perlu lalu dikirim beserta foto bukti keterangan positif Covid-19 ke nomor saya,” pungkasnya.(ct9/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button