Today

Cianjur Masuk Salah Satu Kabupaten dengan Lahan Kritis Paling Luas

CIANJURTODAY.COM, Cidaun – Kabupaten Cianjur termasuk dalam daerah yang kritis penghijauan di Jawa Barat (Jabar). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar membuat program Gerakan Tanam dan Pelihara Pohon (GTPP). Gerakan itu melakukan tanam pohon sebanyak 50 juta di seluruh daerah Jabar, termasuk Kabupaten Cianjur.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa barat, Efi Kustiawan, menuturkan, Kabupaten Cianjur harus memperluas penghijauan. Hal ini karena kritisnya lahan hijau di Cianjur.

“Kabupaten Cianjur masuk kategori salah satu kabupaten yang memiliki lahan kritis paling luas di wilayah Jawa Barat. Harus terus melakukan penghijauan di lahan lahan kritis yang ada di Kabupaten Cianju.,” tuturnya saat meninjau wisata Pantai Cemara Cipanglay, Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Rabu (17/06/2020).

Disumbang ASN

Demi memperluas lahan hijau di Cianjur, ia akan menanam bibit pohon cemara udang yang disumbangkan oleh ASN SMKN 1 Cidaun. Lalu perluasan kawasan dan penataan di pantai seluas 13,5 hektar itu.

Bibit pohon cemara udang disumbang oleh ASN SMKN 1 Cidaun berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat yang direalisasikan oleh ASN yang berada di wilayah Cidaun. Sebanyak 17 ASN Guru di sekolah SMKN 1 Cidaun yang jumlahnya berdasarkan SK per orang ASN menyumbang 10 Pohon. Jadi jumlah keseluruhan Sebanyak 170 Pohon yang sudah disumbangkan oleh ASN yang akan ditanamkan nanti setelah musim hujan tiba.

Di Pantai Cemara Cipanglay, Cidaun, lanjut dia, dengan luas kurang lebih sekitar 13,5 hektar itu akan ditanami pohon cemara udang sesuai dengan habitat hutan pantainya.

“Penghijauan itu akan terus selalu dilaksanakan baik yang dilakukan oleh pemerintah provinsi, kabupaten, maupun juga oleh masyarakat. Nantinya kita akan melibatkan semua unsur masyarakat sepanjang hidup rehabilitasi itu jalan terus. Adapun untuk jenis pohonnya sendiri nantinya tergantung kepada jenis pohon yang ada di wilayahnya,” jelas dia.

PK Muda wilayah kerja Kecamatan Cidaun dan Naringgul kelompok binaan Keluarga Tani Hutan (KTH) Cidamar Lestari Cipanglay, Ridwan Gunawan, berterima kasih atas adanya kunjungan tersebut.

“Pak kepala dinas sangat mengapresiasi sekali tentunya keberhasilan ini bukan keberhasilan saya sendiri, tetapi merupakan keberhasilan bersama,” kata dia.

Selain itu, ia berharap, kegiatan ini supaya berkelanjutan, yakni pihaknya sebagiai petugas tupoksinya kehutanannya saja, yang menyangkut kepengurusan perawatan pemeliharaan tanaman.

“Kami sangat berharap ada sentuhan dari dinas yang berkepentingan di antara yang menyangkut urusan lokasi wisata dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten dan Perovinsi. Harapan dan keinginan baik dari kelompok juga pengunjung masih banyak yang kekurangan untuk lokasi wisata pantai Cemara Cipanglay.” tutupnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami