Gaya Hidup

Ciri-ciri Orang Munafik, Jika Diberi Amanah Ia Akan Selalu Berkhianat

CIANJURTODAY.COM – Jika diberi amanah namun ia akan selalu berkhianat merupakan salah satu ciri-ciri orang munafik. Sungguh berat akibatnya jika Anda termasuk orang yang munafik.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) munafik artinya bertindak seolah-olah yakin dan taat terhadap sebuah ajaran agama atau yang sejenisnya, namun dalam hatinya memungkiri itu.

Kita diperingatkan untuk berhati-hati agar tidak termasuk ke dalam golongan orang munafik. Sebab, dalam Al-Quran dan hadist terdapat penjelasan ciri- ciri orang munafik.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: “Tanda-tanda orang munafik ada tiga: jika berbicara dia berdusta, jika berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah dia berkhianat.” (HR. Al-Bukhari)

Ciri-ciri Orang Munafik

Suka Berbohong

Orang yang sering berbohong tidak bisa dipercaya dalam setiap perkataannya. Bisa jadi apa yang dibicarakan tidak sesuai dengan hatinya, bisa dibilang lain di mulut lain di hati.

“Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata ‘kami telah beriman.’ Tetapi apabila mereka kembali pada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata sesungguhnya kamu bersamamu, kami hanya berolok-olok.” (QS. Al-Baqarah : 14)

Ingkar janji

Orang munafik sulit dipercaya perkataan maupun perbuatannya. Dalam Al-Quran sudah dijelaskan mengenai janji yang harus ditepati.

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpahmu itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat. (QS. An-Nahl: 91)

Diberi Amanah Selalu Berkhianat

Orang munafik tidak dapat menjaga amanah dengan baik. Mereka akan mengingkari apa yang sudah dititipkan alias tidak menjaganya dengan baik, bahkan akan menghancurkannya.

“Sesungguhnya Allah menyuruh kalian menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya….” (QS. An-Nisa: 58)

Malas Beribadah dan Riya

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An-Nisa ayat 142)

Riya atau sombong merupakan perilaku yang sampai saat ini masih ada saja orang yang melakukannya. Mereka cenderung sombong dengan apa yang dimiliki, sehingga membuat dirinya menjadi orang yang tinggi hati dan jahat.

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna, sedikit berzikir.” (QS. Al-Ma’mun ayat 4-7)

Fujur Dalam Pertikaian

Fujur atau selalu ingin merasa menang sendiri alias tidak menerima kekalahan adalah sikap dari orang-orang munafik.

“Demi jiwa serta penyempurnaan ciptaannya, maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.” (QS. Asy-Syams ayat 7-10)

Selalu Bersumpah Palsu

Orang-orang yang selalu dengan mudahnya mengucapkan “Demi Allah” tanpa memikirkan dosa atau akibat yang akan diterima dari sumpah palsu tersebut.

“Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-Munafiqun: 2)

Itulah ciri-ciri orang munafik, jangan sampai Anda menjadi golongan orang munafik, dan semoga kita terhindar dari orang-orang tersebut.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button