Pendidikan

4 Contoh Lembaga Politik Sebagai Forum Perwujudan Integrasi Nasional

CIANJURTODAY.COM – Didalam sistem pemerintahan negara Republik Indonesia dikenal Contoh Lembaga Politik Sebagai Forum Perwujudan Integrasi Nasional adalah berarti suatu hal yang mempersatukan segala perbedaan dalam masyarakat dan menjadikan suatu keseluruhan yang tidak terpisahkan (menyatukan berbagai kelompok kecil dan menyatukan sebagai suatu kesatuan bangsa).

Di indonesia sendiri ada beberapa Lembaga Politik Sebagai forum perwujudan integrasi nasional adalah:

  1. Majelis Permusyawaratan Rakyat
  2. Dewan Perwakilan Rakyat
  3. Organisasi kemasyarakatan
  4. Lembaga Swadaya Masyarakat

Majelis Permusyawaratan Rakyat

MPR merupakan salah satu Contoh Lembaga Politik Sebagai Forum Perwujudan Integrasi Nasional yaitu lembaga negara dengan arti singkatan Majelis Permusyawaratan Rakyat , dalam perkembangan kebijakan pemerintahan di Indonesia MPR saat ini bukan lagi merupakan lembaga tertinggi di Indonesia.
MPR saat ini merupakan lembaga negara yang sederajat dengan lembaga negara lainnya. Dengan tidak adanya lembaga tertinggi negara maka tidak ada lagi sebutan lembaga tinggi negara dan lembaga tertinggi negara. Semua lembaga yang disebutkan dalam UUD 1945 adalah lembaga negara.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat oleh karena anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) adalah para wakil rakyat yang berasal dari pemilihan umum. MPR bukan pelaksana sepenuhnya kedaulatan rakyat sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 Ayat (2) UUD 1945 ,perubahan ketiga bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang dasar. Ketentuan mengenai keanggotaan MPR tertuang dalam Pasal 2 Ayat (1) UUD 1945 sebagai berikut:

Dewan Perwakilan Rakyat

Dikutip dari laman Wikipedia Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, umumnya disebut Dewan Perwakilan Rakyat juga termasuk dalam Contoh Lembaga Politik Sebagai Forum Perwujudan Integrasi Nasional adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat. DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang terpilih melalui pemilihan umum.

Organisasi Kemasyarakatan

Organisasi massa atau organisasi kemasyarakatan atau disingkat ORMAS adalah organisasi yang berdiri dan terbentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Sementara Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mendefinisikan Organisasi massa sebagai “perkumpulan yang anggotanya adalah orang-orang yang mempunyai profesi yang sama”

Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga swadaya masyarakat (disingkat LSM) adalah sebuah organisasi yang berdiri oleh perorangan ataupun sekelompok orang yang secara sukarela yang memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya.

Organisasi ini juga termasuk Contoh Lembaga Politik Sebagai Forum Perwujudan Integrasi Nasional dalam terjemahan harfiahnya dari Bahasa Inggris atau juga sebagai Organisasi non pemerintah. (bbs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami