CIANJURTODAY.COM – Saat ini kita tengah merasakan cuaca dingin yang cukup menusuk. Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary T Djatmiko, menjelaskan udara dingin yang dirasakan di beberapa wilayah di Indonesia, menandakan puncak musim kemarau akan datang.

Selain itu, kandungan uap atmosfer yang cukup sedikit juga membuat suhu dingin yang lebih terasa. Hal ini dapat terlihat dari tutupan awan yang tidak signifikan akhir-akhir ini.

Nah saat cuaca seperti ini, ada baiknya kita mengonsumsi makanan-makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Dikutip dari hellosehat.com, proses menghangatkan tubuh melalui makanan disebut dengan proses thermogenesis. Di dalam tubuh, sistem pencernaan akan memulai tugasnya mencerna makanan selama beberapa jam.

Makanan yang dicerna ini akan diubah tubuh menjadi energi untuk menggerakkan tubuh, yang bisa menghangatkan tubuh dari luar. Sebagian energi sisanya diubah menjadi panas yang digunakan untuk memelihara temperatur dalam tubuh.

Berikut merupakan lima makanan yang dapat menghangatkan tubuh.

Jahe

Jahe sudah dikenal masyarakat dalam hal kesehatan dan penyembuhan. Jahe diketahui baik untuk masalah pencernaan dan menghangatkan tubuh. Mengandung dua senyawa tajam, yaitu gingerol dan shogaol.

Dua kandungan tersebut yang akhirnya menghasilkan rasa pedas dan kualitas termogeniknya dalam jahe, yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mencampurkan jahe dalam makanan, atau menikmatinya sebagai wedang jahe.

Bawang Putih

Makanan kedua adalah bawang putih. Bawang putih sering kita temui keberadannya dalam setiap jenis makanan. Bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi tubuh, mencegah pembekuan darah, yang membuat tubuh lebih hangat. Namun alangkah lebih baik untuk mengonsumsi bawang putih mentah, agar temperatur tubuh bertahan lebih lama.

Apel

Siapa sangka, rupanya apel dapat membantu menghangatkan tubuh saat di cuaca dingin. Apel tinggi kandungan serat larut dan tak larut. Serat larut ini akan memperlambat proses pencernaan dan memudahkan makanan lain melewati sistem tubuh dengan lebih lancar.

Ada baiknya untuk tidak membuang kulit apel juga. Kulit apel adalah sumber serat yang lebih kaya daripada dagingnya sendiri, apel sendiri terdiri dari hampir 86% air. Hal ini akan membantu kita menjaga suhu tubuh dan menjaga cairan dalam tubuh.

Sayuran Akar dan Umbi Umbian

Umbi umbian dan sayur seperti kol, kentang dan wortel ternyata dapat membantu anda tetap hangat disaat cuaca dingin. Sayur dan umbi memerlukan lebih banyak energi untuk diolah, dibanding tumbuhan lain.

Hal ini lah yang disebut proses thermogenesis, dimana makanan tersebut dapat menghasilkan energi yang meningkatkan suhu tubuh. Kelompok sayuran ini juga diperkaya oleh vitamin A dan C, kalsium, kalium, serat, serta sedikit zat besi.

Cabe dan Lada Hitam

Sama layaknya jahe, mengonsumsi rempah-rempah seperti cabe dan lada hitam juga baik dalam menghangatkan tubuh. Kedua bahan tersebut dapat merangsang sistem peredaran darah, yang menyebabkan sensasi hangat di seluruh tubuh. Hal ini karena kandungan senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu capsaicin.

Nah itu dia lima makanan yang dapat menghangatkan tubuh di cuaca dingin. Semoga bermanfaat!(ega/rez)