Today

Cuaca Ekstrem, Ratusan Nelayan di Pantai Jayanti Cidaun Tidak Bisa Melaut

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Akibat cuaca ekstrem dan gelombang tinggi, ratusan nelayan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur terpaksa tidak bisa melaut.

Salah seorang nelayan yang sudah 30 tahun melaut, Iwan (45) mengatakan, sudah satu bulan lamanya ia tidak bisa melaut akibat cuaca ekstrem tersebut.

“Sudah hampir satu bulan lebih saya dan nelayan lain tidak bisa melaut, karena saat ini cuaca sedang ekstrem dan gelombangnya sangat tinggi, sekitar tujuh meter,” ujar Iwan kepada Cianjur Today, saat ditemui di Darmaga Pantai Jayanti, Rabu (4/8/2021).

CUACA: Ratusan nelayan di Pantai Jayanti Cidaun tidak bisa melaut karena cuaca ekstrem. (Foto: Rusmana/cianjurtoday.com)

Ia menjelaskan, sebelum adanya cuaca ekstrem di kawasan pesisir Pantai Jayanti Cidaun, para nelayan bisa membawa pulang berbagai jenis ikan hingga seberat 30 kg per harinya.

Namun, saat ini ia tidak bisa melaut, karena cuaca seperti ini sangat membahayakan kapal dan juga keselamatannya.

“Sebelumnya, kalau cuaca lagi bagus, setiap hari itu saya bisa membawa pulang berbagai jenis ikan. Mulai dari ikan layur, kakap, dan yang lainnya bisa sampai 30 kg per hari. Tapi sekarang, akibat cuaca ekstrem ini, kami tidak melaut, otomatis gak dapat ikan,” jelasnya.

Ia pun mengatakan, selain tidak bisa melaut, ia juga tidak mempunyai pekerjaan lain untuk mengisi kekosongan waktu di saat cuaca ekstrem ini.

“Karena saya tidak memiliki pekerjaan lain, paling saya gunakan waktu libur melaut untuk memperbaiki jaring dan perahu di pantai,” tambahnya.

Dirinya berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur supaya memperhatikan nasib para nelayan di pesisir Pantai Cianjur selatan saat kondisi sulit seperti saat ini.

“Saya sudah 30 tahun jadi nelayan dan belum pernah dapat bantuan apapun dari pemerintah. Saya berharap pemerintah bisa memperhatikan nasib para nelayan di Cianjur selatan,” tutupnya.(ct10/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button