Today

Curah Hujan Tinggi, BPBD Cianjur Imbau Masyarakat Lebih Waspada

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mengontrol Relawan Tangguh Bencana (Retana) Kecamatan Cipanas, Rabu (15/1/2020). Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendengar masukan atau keluhan para relawan dalam penanganan bencana.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Moch Irfan Sofian, mengatakan Koordinator Kecamatan (Korcam) Retana bisa bersinergi dalam rangka penanganan bencana alam di daerahnya masing-masing. Dalam kunjungannya ke Cipanas, ia mengaku cukup puas dan menilai apa yang dilakukan di sana bisa diadopsi kecamatan lain.

“Untuk pengontrolan ini saya cukup puas dengan keberadaan Retana di Kecamatan Cipanas ini. Pak Camat bisa memberi fasilitas kepada Retana, dan beliau memfasilitasi keperluan-keperluan. Ini cukup bagus dan juga bisa diadopsi oleh kecamatan lainnya,” ujarnya.

Irfan menjelaskan, dibentuknya Relawan Tangguh Bencana (Retana) di Cianjur merupakan yang pertama kali di Indonesia. Program ini diharapkan bisa mencegah bencana alam di daerah Kabupaten Cianjur.

Imbau Warga Waspada

Di sisi lain, ia mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada saat hujan. Hal itu mengingat curah hujan Januari – Februari 2020 cukup tinggi. Ia pun berpesan kepada para relawan.

“Kepada masyarakat Cianjur khususnya yang ada di wilayah Cipanas agar lebih waspada apabila hujan. Kami juga mengimbau kepada Retana kecamatan ini untuk siaga dan waspada,” tuturnya.

Camat Cipanas, Latif Ridwan, menuturkan pihaknya memfasilitasi Retana ruangan khusus dan alat kebersiahan. “Insyaallah untuk ke depanya saya bisa ngasih komputer dan lain sebagainya,” ujarnya.(ct6/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button