WEEKEND LIST

Curug Cibeureum, Pesona Wisata Alam di Kaki Gunung Gede Pangrango

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Air Terjun Cibeureum atau lebih dikenal dengan nama Curug Cibeureum merupakan salah satu wisata alam yang terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Sensasi perjalanan menuju Curug Cibeureum memang paling berbeda dengan curug lainnya. Karena di sini, para pengunjung harus menapaki jembatan ratusan meter dengan suasananya yang masih alami.

Nama Cibeureum sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang berarti sungai merah. Nama ini diambil, dari nuansa merah dinding tebing yang terbentuk dari lumut berwarna merah yang tumbuh secara endemik di sana.

Menurut Humas TNGGP, Agus Deni mengatakan, Curug Cibeureum ini berada di kawasan TNGGP.

Sehingga, pengunjung harus melewati pintu masuk yang sama dengan pendakian Gunung Gede Pangrango via jalur Cibodas.

“Nantinya kita akan menemui plang penunjuk arah, kiri untuk pendakian dan kanan untuk ke lokasi Curug Cibeureum,” ujar Agus kepada Cianjur Today, Minggu (19/9/2021).

Menurutnya, selama perjalanan menuju ke lokasi, pengunjung akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dan eksotis.

Jarak tempuh sekitar 3 kilometer dari pos tiket atau sekitar 1,5 jam dengan jalan santai.

Medan yang menanjak dengan jalan bebatuan dikelilingi hutan yang lebat, merupakan daya tarik tersendiri dari curug ini.

“Bagi para pengunjung yang datang, jangan heran jika menemukan pemandangan berbagai jenis burung dan kera yang bergelantungan sepanjang perjalanan,” jelasnya.

Selain itu, kata Agus, ada juga Telaga Biru dan Jembatan Rawa Gayonggong yang bisa dinikmati para pengunjung.

“Ada juga jembatan panjang yang terbuat dari batu buatan dan sering menjadi salah satu spot favorit berfoto ria atau selfie selama perjalanan ke Curug Cibeureum ini,” terangnya.

Setelah menikmati berbagai keindahan alam di perjalanan, lanjut Agus, pengunjung akan disuguhkan curug yang memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter.

“Selain Curug Cibeureum, terdapat dua air terjun lainnya, yakni Curug Cidendeng dan Cikundul,” ucapnya.

Harga Tiket Terjangkau dan Banyak Fasilitas Pendukung

Selain itu, kata Agus, harga tiket ke curug ini sangat terjangkau, yaitu hanya Rp16.000 saat weekday dan Rp18.500 saat weekend per orang.

“Pengunjung dapat menikmati pemandangan Curug Cibereum serta segarnya suasana alam pegunungan kaki Gunung Gede Pangrango,” paparnya.

Agus pun mengatakan, sejumlah fasilitas sudah tersedia lengkap. Mulai dari toilet umum, mushola, tempat parkir, dan pedagang makanan.

“Tetap jaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan. Mari kita jaga kenyamanan lokasi dengan baik, dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Agus menuturkan, setelah beberapa waktu sempat tutup sementara karena pandemi Covid-19, kini Curug Cibeureum sudah mulai kembali dibuka untuk umum.

“Sejak 4 September 2021 lalu, Curug Cibeureum sudah kembali dibuka bagi para pengunjung,” tandasnya.(ren/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button