Today

Curug Ciismun, Pesona Air Terjun Kebun Raya Cibodas yang Epic Banget!

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Menikmati liburan alam memang tak pernah bosan untuk dijelajahi. Sebab alam selalu menawarkan kenyamanan dan panorama indah yang menyejukkan hati serta pikiran kita. Tak heran jika Kebun Raya Cibodas (KRC) pun menjadi salah satu tujuan paling rekomended untuk berlibur bersama teman ataupun keluarga tercinta.

Selain jarak tempuh yang dekat, KRC menyimpan banyak area keindahan yang wajib untuk dikunjungi. Suasana hijau dari pepohonan dan udara yang sejuk, membuat kita betah dan tubuh menjadi lebih santai. Apalagi jika Anda menikmati panorama indah dari Curug Ciismun, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan bebatuan yang mengasyikan. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai trek petualangan yang menantang.

Menurut General Manager PT Mitra Natura Raya (MNR) KRC, Teguh Dwiyanto mengatakan, Curug Ciismun masuk ke dalam area wisata KRC dan berjarak tempuh hingga tiga kilometer yang bisa dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit dari pintu gerbang KRC.

“Curug Ciismun masuk kawasan KRC dan kalau mau ke Curug Ciismun harus membayar tiket masuk ke KRC sebesar Rp16.500 ribu saja,” ujarnya kepada Cianjur Today, Senin (14/12/2020).

Teguh menjelaskan, ketika pengunjung ingin ke lokasi Curug Ciismun, dibutuhkan tenaga ekstra. Karena satu-satunya cara menuju curug tersebut ialah dengan berjalan kaki. Namun jangan khawatir, di sana sudah ada banyak sensasi keindahan yang bisa dinikmati sembari berjalan menuju curug.

“Curug Ciismun sendiri memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan kaki air terjunnya selebar sekitar lima meter. Curug ini merupakan sudut pertemuan antara bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas yang berada di ketinggian 1.275 mdpl. Tak heran jika airnya sangat jernih dan dingin,” jelasnya.

Selain itu, kata Teguh, untuk fasilitas di dekat Curug Ciismun, pihaknya sudah menyediakan fasilitas toilet, tempat buang sampah, dan himbauan-himbauan untuk pengunjung. Selain itu, ada banyak spot foto yang dijamin instagramble banget dan sayang untuk dilewatkan.

“Ketika sudah memasuki Curug Ciismun ini, ada larangan seperti tidak boleh membuang sampah sembarangan, tidak boleh terlalu dekat dengan tebing, dan jika turun hujan pengunjung harus segera meninggalkan area air terjun,” imbuhnya.

Pihaknya menuturkan, untuk saat ini area Curug Ciismun ditutup sementara sejak Sabtu lalu, mengingat cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Sehingga dikhawatirkan ada banjir bandang dan pohon tumbang.

“Sementara ini kami tutup dahulu dan belum dipastikan akan dibuka kapan. Karena sambil melihat perkembangan cuaca saat ini saja, jadi kalau cuaca sudah normal, kami akan lakukan pengecekan keamanan dan kelayakan area Curug Ciismun. Jika sudah dianggap aman, maka akan dibuka kembali,” terangnya.

Teguh menuyurkan, bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke KRC, belilah tiket secara online di website resmi KRC yaitu kebunraya.id dan sebelum berangkat, pastikan menggunakan masker dan membawa handsanitizer.

“Berwisata sehat di KRC tentunya harus selalu menjalankan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button