ABOUT DESAWEEKEND LIST

Curug Singkup Berpotensi jadi Objek Wisata Lokal di Campaka

CIANJURTODAY.COM, Campaka – Curug (air terjun) Singkup yang ada di Desa Susukan, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur berpotensi menjadi objek wisata lokal. Namun, hingga saat ini belum ada pihak yang akan mengelola potensi tersebut.

Sekertaris Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Susukan Kecamatan Campaka, Arif Rahman Hakim, menceritakan sekilas tentang air terjun itu. Dikenal dengan nama Curug Singkup dikarenakan lokasinya yang berada di atas Kampung Singkup.

“Curug itu memiliki pemandangan khas air terjun, dengan ketinggian sekitar 15 meter dan lebar sekitar 7 meter. Berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut,” paparnya saat diwawancara, Selasa (26/5/2020).

Ia menuturkan, dulu banyak wisatawan dari luar daerah Cianjur yang sengaja ingin menikmati panorama alam curug. Namun entah kenapa sekarang jadi sepi pengunjung.

“Sekarang jangankan wisatawan dari luar kota, penduduk sekitar pun jarang yang sengaja datang ke curug,” kata Arif.

Menurutnya curug ini bisa berpotensi menjadi objek wisata lokal Cianjur jika ada pengelola nya. Panorama alamnya indah, serta di sekitar curug bisa juga dijadikan wahana outbond.

Dari sisi ekonomi dengan adanya objek wisata otomatis akan meningkatkan pendapatan daerah. Ia berharap, setelah masa pandemi ini Pemerintah Daerah bisa mengelola wisata Curug Singkup.

“Menjadi objek wisata ikon Cianjur. Serta bisa menciptakan wirausaha baru yang berjualan di sekitar curug dengan menjual produk khas Cianjur,” harapnya.(ian/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button