Olahraga

Daftar Rekor Baru di PON XX Papua 2021, Mulai Angkat Besi hingga Akuatik

CIANJURTODAY.COM – Dua pekan berlangsung, sederet daftar rekor baru membanggakan dari para atlet pun tercipta dalam gelaran PON XX Papua 2021. Lalu apa saja rekor baru tersebut?

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali mengatakan, PON XX Papua berhasil memecahkan 57 rekor baru dari berbagai cabang olahraga.

Sejumlah rekor tercipta dari cabang olahraga akuatik, atletik, selam, dan disiplin angkat besi. Cabor tersebut bukan hanya memecahkan klasifikasi rekor PON saja, tetapi juga rekor nasional.

“Ini menjadi hal yang luar biasa, karena ada 57 rekor baru terpecahkan. Apalagi PON digelar di tengah pandemi Covid-19,” ujar Zainudin, Jumat (15/10/2021) di Jayapura.

Menurutnya, berbagai keberhasilan Papua dalam menyelenggarakan PON patut diapresiasi. Baik dari pihak Pemda, relawan, maupun masyarakatnya.

Ia menyebut, sebelumnya banyak pihak yang mengkhawatirkan dan meragukan gelaran tersebut dilaksanakan di Papua.

“Ini menghapus semua keraguan. Papua bisa, dengan tagline Torang Bisa adalah pas diungkapkan untuk PON Papua. Jadi, PON Papua sukses untuk pengembangan ekonomi di Papua terutama di empat klaster penyelenggara PON,” paparnya.

Berikut Daftar Rekor Baru di PON XX Papua

Akuatik (22)

Pada cabor akuatik, 22 rekor baru berhasil di ciptakan di gelaran PON XX Papua 2021. Di antaranya berhasil ditorehkan oleh Farrel Armandio Tangkas (Papua) dan Adinda Larasati Dewi (Jawa Timur).

Farrel berhasil menciptakan rekor pada nomor 200 meter gaya punggung putra. Sementara, Adinda sukses membukukan rekor pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri dan nomor 800 meter gaya bebas putri.

Sementara itu, atlet putra Sulawesi Selatan yang meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Abdullah juga membuat rekor di kelas 81 kg dengan total angkatan seberat 340 kg, snatch (150 kg) dan C&J (190 kg).

Angkat Besi (17)

Sebanyak 17 rekor baru berhasil ditorehkan pada cabor angkat besi di PON XX Papua 2021. Di antaranya atlet putri Jawa Barat, Tsabita Alfia R yang memecahkan rekor kelas 67 kg putri dengan total angkatan 212 kg, snatch (97 kg) dan C&J (115 kg).

Atletik (11)

Sebelas rekor dalam cabor atletik berhasil ditorehkan oleh para atlet dalam gelaran PON XX Papua 2021. Di antaranya adalah datang dari Atina Nur Kamil yang berhasil mengawinkan rekor PON dan nasional dengan lemparan sejauh 51,26 meter.

Lalu, adapula rekor yang diciptakan oleh pelari 400 meter putri asal Sumatera Selatan, Sri Mayasari.

Ia berhasil finis tercepat dengan catatan waktu 53,32 detik, lebih cepat dari pelari Emma Tahapary yang berkompetisi di Filipina pada 1984 dengan waktu 54,20 detik.

Selam (5)

Sebanyak lima rekor baru tercipta di cabor selam pada gelaran PON XX Papua 2021. Empat di antara lima rekor tersebut dipecahkan oleh atlet selam asal Jawa Timur.

(sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button