Today

Damkar Cianjur Lima Kali Evakuasi Ular Kobra dan Sanca di Perkampungan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur sudah lima kali mengevakuasi ular yang masuk perkampungan selama Maret 2020. Ular tersebut dievakuasi ke tempat aman agar tidak membahayakan maayarakat.

Oprator Regu 1 Pos 1 Damkar Cianjur, Miki Arisona, mengatakan lima lokasi evakuasi ular dilakukan personel di beberapa pos. Misalnya di Pos Cibeber satu kali, di Pos Cianjur dua kali, Pos Ciranjang satu kali, dan di Pos Sindangbarang satu kali.

“Untuk jenis ularnya variatif, dua kejadian kita menangani atau mengevakuasi ular Sanca Batik atau Retikulatus. Lalu kita menangani ular kobra itu dua kali di wilayah Cianjur dan satu wilayah Selatan,” ujarnya kepada Cianjur Today, Kamis (5/3/2020).

Miki menambahkan, penanganan ular bagi Damkar sudah merupakan suatu kewajiban. Saat penanganan dilakukan standar dengan menggunakan alat pelindung diri.

“Bagi masyarakat dan masih berpandangan kedatangan kami ini harus selalu bayar, itu tidak betul. Itu memang sudah menjadi kewajiban kami sebagai Damkar,” tambahnya.

Ia menambahkan, jika ada kondisi darurat seperti kebakaran atau penanganan hewan berbahaya bisa menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Cianjur di nomor 0263281392. Namun jangan sekali-sekali memberi tahu info hoaks dan menjadi bahan bercanda.

“Kepada warga Cianjur, datangnya kami ke lokasi kebakaran maupun penanganan hewan berbahaya seperti ular dan hewan lainya. Kami membantu dengan setulus hati dan memang sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban kami,” paparnya.

Masyarakat juga diminta memberikan jalan untuk personel damkar ketika bertugas. Hal itu agar penanganan tidak terhambat.

“Ketika kami sedang berada di lapangan, beri kami ruang gerak bebas dalam berkerja. Ketika terjadi kebakaran atau penanganan apa pun apabila warga berkerumun itu tidak mempercepat penanganan, melainkan memperlambat,” pungkasnya.(ct6/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button