ABOUT DESAToday

Dari 354, Sudah 264 Desa di Cianjur Bentuk BUMDes

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dari 354, sudah 264 desa di Kabupaten Cianjur yang membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Mestinya, tahun ini seluruh desa sudah membentuk namun terkendala Corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial, mengatakan pihaknya menargetkan 80 persen BUMDes sudah terbentuk tahun ini. Hal itu dapat menghasilkan produk sendiri dan meningkatkan ekonomi di masyarakat desa.

“Sekitar 74 persen yang sudah membentuk dan kami terus dorong. Harusnya kalau tidak ada pandemi tahun ini semua beres, tapi kami targetkan tahun ini ada peningkatan, minimal 80 persen sudah membentuk,” paparnya, Rabu (12/08/2020).

Berdasarkan hasil evaluasi, BUMDes yang dinyatakan sehat atau dapat menghasilkan Pendapatan Asil Daerah (PAD) untuk desa belum banyak. Meski begitu pihaknya masih melakukan pembinaan.

“Maksimal ada yang sudah Rp20 juta per tahun ke desa itu 54 BUMDes. Kemudian, 150-an lagi masih berkembang. Yang 60 kemarin baru terbentuk masih dalam inisiasi kita. Masih dalam pembinaan,” kata dia

Dari 80 persen BUMDes ada yang dapat menghasilkan produk sendiri. Kebanyakan bergerak di sektor perdagangan dan jasa. “Semacam retail, jual sembako LPG, seperti itu. 20 persen mengelola potensi yang ada di sana,” jelas dia

Bagi desa yang belum memiliki, DPMD akan menanyakan alasannya. Pemerintah pun berencana melibatkan BUMDes dalam berbagai program.

“Apalagi ekonomi sekarang, itu ada pengadaan masker dari kemendes. Pengadaan masker harus dari BUMDes.
Yang jadi pertanyaan kalau tidak ada BUMDes siapa yang mengelola? Mungkin ke depan ada banyak program yang melibatkan BUMDes.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker