Today

Dari Utara sampai Selatan, Ada 77 Pasar Desa di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur mencatat saat ini ada 77 pasar desa yang tersebar dari utara sampai selatan.

Keberadaannya saat ini menjadi tren di kalangan elit desa untuk membantu masyarakat berbelanja kebutuhan pokok. Selain itu pasar desa telah banyak diadopsi menjadi sumber anggaran pendapatan kas desa.

“Kabupaten Cianjur saat ini memiliki pasar desa tersebar mulai dari wilayah utara hingga selatan. Terbanyak di wilayah Cianjur bagian selatan,” kata Kasi Lembaga Bina Ekonomi DPMD Kabupaten Cianjur, Dendi Rinaldi, Rabu (7/7/2021).

Dendi menuturkan pasar desa dimiliki pemerintah desa ataupun bekerja sama dengan masyarakat. Menurutnya, ada aturan dalam mendirikan pasar desa sebagaimana Permendagri Nomor 42 tahun 2007.

“Berdiri di tanah desa ataupun di tanah masyarakat yang dihibahkan atau diserahkan ke pemerintah Desa,” ungkapnya.

Saat ini banyak yang masuk menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mendorong anggaran pendapatan desa. Namun belum sepenuhnya memiliki fasilitas seperti pasar yang dimiliki pemerintah daerah.

“Masih banyak pasar desa yang sarana dan prasarananya belum baik. Itu menjadi PR kami selaku dinas terkait agar ke depannya mampu bersaing dengan pasar pemda,” pungkasnya.(ct10/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button