Today

Demi Keselamatan Berkendara, Yuk Pahami Seputar “Blind Spot”

CIANJURTODAY.COM – Blind spot merupakan titik lemah pengemudi saat berkendara. Bisa juga disebut sebagai area tidak terlihat, ketika pengendara tidak mampu melihat area sekitar, dari spion atau kaca.

Setiap kendaraan memiliki blind spot yang berbeda-beda. Biasanya kendaraan yang lebih tinggi dan besar memiliki blind spot lebih banyak. Sulitnya melihat keadaan sekitar kadang membuat kecelakaan tidak bisa dihindarkan. Simak gambar dan ulasan berikut:

Truk dan Bus

Bagian Depan.
Bagian depan truk dan bus sangat tinggi, berbeda dengan mobil jenis lainnya. Ini mengakibatkan pengendara sulit melihat keadaaan di depan. Biasanya yang orang menyebrang terutama anak kecil sulit dilihat. Maka dari itu pengendara harus berhati-hati.

Sumber foto: Transjakarta

Bagian Belakang.
Area blind spot selanjutnya, adalah bagian belakang truk dan bus, Pada bagian ini pejalan kaki dan pengendara motor, biasanya adalah yang paling sulit dilihat dari kaca spion.

Bagian Samping Kiri dan Kanan.
Jika ada kendaraan yang tiba-tiba muncul dari samping, biasanya akan sangat sulit dilihat oleh pengendara truk. Apalagi jika muncul di bagian samping kiri, karena kita mengemudi di sisi kanan. Sebagai solusi, berkendaralah dengan ditemani seseorang. Agar bisa membantu anda untuk melihat area blind spot pada sisi kiri.

Mobil

1/4 Sisi Belakang Kendaraan.
Saat mobil akan belok, para pengendara akan fokus pada arah depan. Ini mengabaikan kemungkinan adanya kendaraan lain, yang muncul dari 1/4 sisi belakang. Pada area itu memang sulit untuk dilihat, meskipun sebelumnya pengendara memastikan tidak ada kendaraan lain dari spion.

Sumber foto: Google

Bagian Belakang Kanan dan Kiri.

Area ini sangat sulit dilihat, apalagi pada saat pengendara berada di Jalan dua lajur. Kejadian pengendara berpindah lajur, tanpa melihat bagian belakang, biasanya menjadi alasan utama terjadinya kecelakaan. Maka dari saat akan berpindah lajur, perhatian bagian belakang kanan dan kiri.

Kaca Belakang Mobil yang Gelap dan Tertutup

1 2Laman berikutnya
Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker