Today

Desa Batulawang Siap Tanam 550 Ribu Bibit Kopi Arabika

CIANJURTIDAY.COM, Cipanas – PT MPM berkerja sama dengan Kodim 0608 Cianjur dan masyarakat dalam program ketahanan pangan di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jumat (16/10/2020).

Komandan Kodim (Dandim) 0608 Cianjur, Letkol kav Ricky Adinuryadi mengatakan, pihaknya membagikan bibit kopi pada masyarakat untuk melaksanan tumpang sari di lahan yang sudah ada.

“Ini agar masyarakat petani semakin sejahtera dan ini adalah niat baik dari PT MPM untuk melakukan sosial kepada masyarakat soalnya bibitnya gratis dan hasilnya bisa dinikmati masyarakat,” katanya kepada Cianjur Today, Jumat (16/10/2020).

Ia menjelaskan, ada ratusan ribu bibit pohon kopi Arabika lokal disebar dan ditanam di Desa Batulawang. akan ada monitoring dan langsung digarap dan dipanen petani. Ia berharap Desa Batulawang bisa produktif dan mengangkat perekonomian masyarakat.

“Jadi ini sistemnya tumpang sari di sela-sela lahan yang sudah ada di Batulawang ini. Dan nanti hasilnya juga nanti untuk masyarakat,” ucapnya.

Supoorting Teknis PT MPM, Ahmad Lukman Nurhakim mengatakan, lahan yang disediakan seluas 1020 hektar dan mitrakan ke masyarakat. Tetapi, prioritas hanya untuk lahan yang ditanam masyarakat.

“Dan, ini yang tercatat 773 hektar dari empat blok. Blok Ciseureuh, Cikole, Cimanjur dan galukguk. itu yang disikap prioritaskan,” katanya.

Ia mengungkapkan, sebelumnya ada 350 ribu bibit pohon yang dibagikan. Kini, hanya ada 200 ribu bibit untuk ditanam masyarakat. Jadi total ada 550 ribu bibit.

“Dan, nanti juga akan ada bahan-bahan, juga bibit jadi ini mengarah ke pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Ia menuturkan, lahan yang digunakan dijamin payung hukumnya. Sementara untuk lahan lain ilegal untuk ditanam.

“Kalau di perkebunan MPM ini diabsahkan. Ayo, kita sama-sama saling bahu membahu masyarakat dengan menejemen PT MPM.” tutupnya.(ct6/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker