Today

Diduga Gegara Pagar Ciplaz Ambruk, Saluran Air Tertutup, Sejumlah Bangunan Warga Balakang Terendam Banjir

CIANJURTODAY.com, Cipanas – Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Cipanas dan sekitarnya, pagar sebuah mall City Plaza (Ciplaz) ambruk, sehingga air meluap dan menyebabkan sejumlah rumah serta sekolah Al-Muslih di Kampung Balakang RT01/RW06 Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur terendam banjir, Sabtu (12/11/2022) sore.

Menurut informasi yang dihimpun, kejadian banjir di Kampung Balakang itu bermula karena adanya pagar mall yang baru diresmikan tersebut roboh sehingga saluran air di kawasan itu tertutup hingga terbendung dan tumpah ke pemukiman warga.

BACA JUGA: Hotel Lembah Permai Resort Cipanas Dilanda Banjir dan Longsor, Kok Bisa?

“Iya kang, pagar Mall Ciplaz roboh jadi saluran air tertutup dan terbendung lalu tumpah ke kawasan pemukiman warga, sehingga beberapa rumah di kampung tersebut termasuk sekolah TPA dan TPQ terendam banjir,” ungkap warga Sindanglaya, Fauzi saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut ia mengatakan, hingga saat ini sejumlah warga sedang melakukan evakuasi barang-barang berharga yang memungkinkan masih bisa diselamatkan.

“Saat ini warga sedang mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, hanya saja kerugian dan saat ini belum bisa ditaksir, seberapa besar,” ucap dia.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sindanglaya, Iyan Ardiyansah membenarkan adanya sejumlah bangunan dan sekolah agama di wilayah Sindanglaya yang terendam banjir.

“Iya betul, ini akibat hujan deras, termasuk menurut informasi dari grup RT Sindanglaya, akibat pagar Mall Ciplaz jebol hingga meluap,” ucap dia.

Namun saat ini pihaknya belum bisa memastikan kejadian tersebut akibat pagar Ciplaz roboh atau bukan, akan tetapi ia bersama sejumlah perangkat desa yang lainya sedang melakukan pengecekan.

“Iya saat ini kami sedang melakukan pengecekan bersama pak Kades dan perangkat lainya untuk memastikan apa penyebabnya dan berapa rumah yang terdampak,” tutup dia. (ren)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button