Today

Diguyur Hujan, Tebing Setinggi 10 Meter di Pagelaran Longsor hingga Menutup Jalan

CIANJURTODAY.COM, Pagelaran – Tebing setinggi 10 meter di Desa Sukadama, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur longsor, pada Minggu (8/11/2020) pukul 20.00 Wib. Material longsor pun sampai menutupi jalan dan sempat menghambat arus lalulintas.

Menurut salah seorang relawan kebencanaan Koswara (23) mengatakan, kejadian longsor yang terjadi dikarenakan hujan lebat yang turun secara terus-menerus sejak sore hingga malam hari.

“Kronologisnya kondisi hujan sangat lebat, lalu pesawahan yang debit airnya melebihi batas normal di atas tebing, ditambah tidak ada penopang longsor. Sehingga terjadilah longsor dan menutup jalan arah Cianjur selatan maupun sebaliknya,” ujarnya saat dikonfirmasi Cianjur Today, Senin (9/11/2020).

Ia menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun akibat longsor tersebut, para pengendara atau pejalan kaki yang hendak melewati menjadi terhambat.

“Alhamdulillah kang, tidak ada korban jiwa karena ketika longsor posisi jalan sedang sepi. Hanya saja longsor ini menghalangi pengendara atau pejalan kaki yang hendak lewat,” ungkapnya.

Koswara menuturkan, setelah kejadian tersebut warga setempat dan beberapa relawan seperi Retana langsung sigap membantu untuk mengevakuasi material longsor tersebut, agar bisa dilalui pengendara dan pejalan kaki.

“Malam itu juga warga bersama Retana langsung mengevakuasi material longor dengan alat seadanya sambil menunggu bantuan alat berat Buldozer. Setelah datang, alhamdulilah jalan bisa dilewati pengendara dan pejalan kaki,” ucapnya.

Akan tetapi, lanjut Koswara, kondisi di lokasi masih belum aman karena aliran air dari atas tebing masih mengalir. Maka dari itu, tim evakuasi berusaha untuk merubah kondisi tanah agar tidak kembali erosi.

“Sekarang juga kami beserta relawan yang lain dan BPBD Cianjur sedang mengkondisikan tempat longsor tersebut agar tidak ada lagi longsor susulan,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks