ABOUT DESAWEEKEND LIST

Dikelola BUMDes, Nanggalamekar Berencana Bangun Tempat Wisata

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Desa wisata di Kabupaten Cianjur kini akan bertambah. Pasalnya, Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang, berencana akan membuat desa wisata seluas 18 hektare yang akan dikelola oleh BUMDes.

Kepala Desa Nanggalamekar, Hilman, mengungkapkan, rencana awal, pihaknya akan membuat pacuan kuda. Hal ini karena di desa itu banyak delman yang bisa dimanfaatkan.

“Untuk tempat wisata yang paling awal rencana kita punya lahan kas desa itu 18 hektar. Mungkin untuk rencana awal tadinya mau dibuat pacuan kuda. Karena kebetulan di wilayah Kecamatan Ciranjang di sini banyak tukang delman atau kuda,” katanya, Senin (06/07/2020).

Selain itu, di sana memiliki potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan. Bahkan, di desa itu ada kuda yang pernah juara tingkat provinsi.

“Di sini juga ada kuda yang sudah mengikuti perlombaan di tingkat provinsi ke-31 di Subang, kemudian ke depannya karena hanya cukup luas lumayan mungkin bisa nanti untuk mini zoo, sisanya untuk tanaman-tanaman yang sifatnya bisa mendidik atau mengedukasi terutama anak kecil,” ujar diapl.

Pemdes juga akan membuat kolam renang, danau, dan wisata lainnya. Hilman mengaku telah mengundang konsultan pariwisata dalam proses pembangunan desa wisata ini.

Ia mengatakan, terdapat situs bersejarah yang ada di desanya yang berupa bunker. “Katanya ada sebuah situs yang bersejarahnya, dulu itu tempat tidak tahu apakah pihak Belanda atau pihak dari kita jadi semacam ada bunker.” tutupnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker