Today

Dilarang Kemenag, FPI Cianjur Nekat Gelar Pawai Hari Santri Nasional 2020

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Peringati Hari Santri Nasional 2020, Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Cianjur bersama ratusan santri dari sejumlah pondok pesantren gelar pawai, Kamis (22/10/2020). Mereka berjalan dari Tugu Tauco sampai Tugu Lampu Gentur Cianjur.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan santri longmarch. Alhamdulillah di luar dugaan luar biasa massa yang begitu sangat membludak,” kata Ketua FPI Kabupaten Cianjur, Habib Hud Al-Idrus, Kamis (22/10/2020).

Ia berharap, tahun ini pemerintah lebih memperhatikan santri. Sebab, santri dan kegiatan keagamaan kerap dipandang sebelah mata.

“Karena negara ini bagaimana pun bisa merdeka seperti ini, ada jasa-jasa para santri serta para alim ulama dan kyai,” jelas dia.

Habib Hud mengatakan, jangan sampai ada pemotongan terhadap dana yang digelontorkan untuk santri dan kiai. Terlebih banyak oknum yang memanfaatkan hal ini untuk kepentingan pribadi.

Ketika ditanya soal larangan pawai peringatan Hari Santri Nasional 2020 dari Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, ia menjawab bahwa pihaknya tidak berada di bawah naungan Kemenag.

“Saya tidak di bawah Kemenag, karena kami santri itu tidak ada yang dibawah kemenag, tidak masuk dalam kemenag,” kata dia.

Ia memastikan, pawai yang dilaksanakan para santri sudah mematuhi protokol kesehatan, bahkan diwajibkan memakai masker.

Sebelumnya diberitakan, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Kabupaten Cianjur, Tavip Supriadi menuturkan, larangan itu dikeluarkan sesuai Maklumat Kapolri bahwa di masa pandemi Covid-19, dilarang berkerumunan.

“Dalam Maklumat Kapolri sudah jelas bahwa ditengah pandemi tidak boleh ada kerumunan yang lebih dari 50 orang,” tuturnya saat ditemui di Kantor Kemenag Cianjur, Rabu (21/10/2020).(afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker