Today

Dinas Kehutanan Tanam 1.000 Pohon di Lokasi Taman Wisata Nanggala Edu Park Ciranjang

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Dinas Kehutanan Wilayah IV Cianjur, Jawa Barat didampingi para penyuluh Kehutanan, Kecamatan Ciranjang menanam 1.000 pohon keras dan buah-buahan di lahan seluas 18 Ha yang akan dijadikan tempat Wisata Nanggala Edu Park Ciranjang.

Nampak hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, Ketua Daerah Aliran Sungai (DAS) Cianjur, Muspika Ciranjang, Kepala Desa, BPD, Kepala SMAN Ciranjang, Kepala SKB, dan Tokoh masyarakat Desa Nanggalamekar.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Cianjur, Hadur Suherman Suhendar (55) menjelaskan, penanaman seribu pohon keras dan berbagai macam tanaman buah-buahan di lahan milik desa seluas 18 Ha tersebut, nantinya akan dijadikan tempat wisata di Wilayah Desa Nanggalamekar sesuai program Gubernur Jawa Barat, yaitu menanam 50 ribu pohon.

“Pada dasarnya menanam itu mudah, namun yang lebih sulit itu adalah memelihara dan mengawasinya. Karena sering terjadi menamam pohon sebanyak mungkin, tapi setelahnya dibiarkan begitu saja, hingga tanamannya banyak yang mati dan hilang diambil orang yang tidak bertanggung jawab,” ujar Hadur kepada Cianjur Today, Selasa (2/2/2021).

Dengan kondisi tersebut, Hadur percaya pada pihak Pemerintahan Desa Nanggalamekar dan masyarakatnya, akan mampu memelihara tanaman pohon berbuah dan pohon keras ini dengan sebaik mungkin.

“Pemeliharaannya harus melibatkan semua pihak, agar pohon yang kita tanam hari ini tidak sia-sia. Namun nanti bisa dimanfaatkan hasilnya dengan sebaik mungkin,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Nanggalamekar, Hilman SCom menambahkan, lahan Pasir Muncang seluas 18 Ha dalam waktu dekat ini akan dijadikan tempat wisata yang diberi nama Taman Wisata Nanggala Edu Park.

“Dengan adanya itu, maka pihaknya meminta bantuan pada pihak Dinas Kehutanan Wilayah IV Cianjur Jawa Barat untuk menanam pohon keras dan berbagai pohon buah-buahan sebanyak mungkin,” jelasnya.

Hilman mengungkapkan, penanaman pohon ini ditanam di lahan yang lokasinya berada di dekat DAS Cisokan agar tidak terjadi longsor dan erosi. Selain itu, lanjutnya, jika semua pohon tersebut sudah tumbuh, akan memberi kesan teduh dari teriknya sinar matahari dan juga akan terlihat indah, sehingga dapat menarik datangnya wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

“Dengan itu, kami mengucapkan terima kasih pada Dinas Kehutanan, Ketua DAS Cianjur, Muspika Ciranjang, dan seluruh elemen masyarakat desa setempat yang telah ikut andil dalam penanaman pohon ini,” pungkasnya.(asi/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks