Today

Dinkes Berikan Bantuan untuk Arya, Anak Meningitis di Cikalongkulon

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur memberikan bantuan kepada Arya Tanjung, anak dua tahun yang meningitis di Kampung Majalaya RT 10/RW 03, Desa Majalaya, Kecamatan Cikalongkulon. Anak dari pasangan Kartika dan Sanuri itu mendapatkan pelayanan setiap pekan dari Puskesmas Cijagang.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy, mengatakan, Arya telah diberikan Pemberian Makanan Tambahan (TMP) gizi kurus oleh Tenaga Pelaksana Gizi (TPG) Puskesmas Cijagang.

“TPG Cijagang sudah memberikan PMT gizi kurus untuk Arya. Juga, pihak puskesmas memberikan pelayanan setiap minggu di kontrol,” tuturnya saat dihubungi Cianjur Today, Rabu (04/12/2019).

Selain itu, Dinkes Cianjur akan memberikan formula nutrisi untuk Arya. Berdasarkan dokumen Dinkes Cianjur, RSUD Cianjur membebaskan seluruh biaya perawatan Arya selama di RSUD Cianjur dengan persyaratan SKTM.

Arya bisa dibawa pulang saat itu dan keluarga berjanji akan segera melengkapi persyaratan SKTM-nya.

“Tapi, hingga saat ini keluarga Arya masih belum mengurus administrasi kependudukan. Seperti KTP, KK, surat pindah dan SKTM-nya, karena ayah Arya berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah,” kata dia.

Kondisinya Memprihatinkan

Sebelumnya, salah seorang relawan Partners in Goodnes, Kristiawan Saputra, mengatakan, enam bulan lalu, Arya mengalami demam tinggi dan kejang-kejang.

“Enam bulan lalu Arya Tanjung mengalami sakit demam tinggi disertai kejang. Namun, karena Arya lambat ditangani sehingga saat ini keadaan Arya semakin memprihatinkan,” tuturnya.

Diketahui, orang tua Arya tidak memiliki BPJS. Dengan demikian, Arya harus dirawat secara umum dan harus membayar biaya sekitar Rp16 juta

“Sementara karena ketidakadaan BPJS, Arya harus dirawat melalui jalur umum dan menyisakan hutang pada rumah sakit sejumlah Rp16.407.887,” kata dia.

Kini Arya harus menggunakan alat bantu selang untuk makan dan minumnya. Selang tersebut harus diganti setiap minggu.

“Namun ibu Arya belum bisa mengganti selang karena ketidakadaan biaya,” jelasnya.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami