Today

Dinkes Cianjur Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Karangtengah

CIANJUTODAY.COM, Cianjur – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur menggelar simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Selasa (12/1/2021).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy menjelaskan, simulasi ini digelar untuk memastikan pelayanan vaksinasi Covid-19 di puskesmas bisa berjalan lancar.

“Simulasi vaksin ini kita buat untuk mempersiapkan puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi,” tuturnya kepada Cianjur Today, Selasa (12/1/2021).

Irvan mengatakan, simulasi tersebut adalah bentuk persiapan Dinkes dan alurnya telah diketahui. Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut, lanjutnya, ada empat tahapan dan empat meja yang telah disiapkan.

“Meja pertama mulai pendaftaran atau skrining, lalu selanjutnya pelaksanaan vaksinasi, lalu pencatatan pelaporan, dan tadi ada poin penting bahwa setiap peserta yang divaksin itu tidak boleh langsung pulang,” paparnya.

Ia mengungkapkan, dalam waktu 30 menit harus menunggu di area yang telah disiapkan dan terpantau untuk mengetahui kejadian pasca-imunisasi.

“Sasaran yang diutamakan dalam melaksanakan vaksinasi di tahap pertama adalah nakes dan non nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan. Karena tentunya menjadi garda terdepan yang memang menjadi prioritas awal,” ungkapnya.

Lalu, Irvan menjelaskan, baru pelayanan publik termasuk juga di sana TNI-Polri, pegawai pegawai BUMN, BUMD yang memang langsung berhubungan dengan masyarakat.

“Baru setelah itu diikuti dengan segmen masyarakat lain seperti yang bergerak di perekonomian ataupun komunitas rentan. Rencananya 70 persen penduduk di negara ini akan tervaksinasi,” jelasnya.

Kegiatan itu pun bagian dari tahapan-tahapan persiapan. Pertama, perencanaan berkaitan dengan sasaran vaksinasi, lalu persiapan logistik, persiapan sarana prasarana, dan simulasi.

“Jadi ini bagian atau tahapan terakhir sebetulnya, karena dari persiapan kami untuk menjelang kegiatan vaksinasi Covid-19 sudah siap,” tandasnya.(afs/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker