Today

Dinkes Cianjur Pastikan Distribusi dan Penggunaan Vaksin Covid-19 Aman

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur memastikan distribusi dan penggunaan vaksin Covid-19 aman serta terawasi dengan baik. Mengingat, di Indonesia kasus penyelewengan seperti suap dan penggunaan vaksin bekas kerap terjadi di beberapa daerah.

Plt Kepala Dinkes Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy menjelaskan, vaksin Covid-19 didistribusikan melalui Hub yaitu Bio Farma. Bahkan, saat distribusi ke gudang Farmasi selalu dalam pengawalan dari pihak kepolisian.

“Distribusi vaksin langsung dari Hub Biofarma dan saat ke gudang farmasi pun kepolisian terus mengawal dengan ketat,” sebutnya.

Tidak hanya itu, Irvan mengungkapkan, pihaknya memiliki berbagai sistem data dan pelaporan yang terintegrasi secara daring atau online.

“Secara pelaporan, ada aplikasi smile dan juga sistem distribusi tentang pemakaian vaksin. Jadi semua terkontrol dan tidak ada yang manual,” ungkapnya.

Hingga kini, ia mengaku tidak menemukan adanya indikasi kebocoran atau keborosan terhadap penggunaan vaksin Covid-19.

Selain itu, ia pastikan tidak ada vaksin yang rusak dan kadaluwarsa karena data yang selalu bersifat real time.

“Kami terus melakukan pengawasan. Jika ada indikasi, kami siap tindak lanjuti. Karena itu sudah keharusan, tidak boleh ada jual beli vaksin dan penggunaannya harus sesuai aturan,” tandasnya.(afs/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button