Today

Dinkes Komitmen Jangkau Pelayanan Kesehatan Hingga ke Pelosok

CIANJURToday – Hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke 73, disambut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur dengan komitmen jangkau pelayanan hingga kesehatan hingga ke pelosok. Peran puskesmas pembantu (pustu) dan tanaga medis seperti dokter dan perawat yang ditugaskan di daerah terpencil menjadi penopang kesuksesan jangkauan pelayanan kesehatan.

Kepala Dinkes Kabupaten Cianjur, Drs Tresna Gumilar mengatakan, jangkauan pelayanan kesehatan hingga ke pelosok ini diwujudkan dengan kerja nyata. Demi target kesehatan nasional, pemerintah kabupaten Cianjur melalui Dinkes berupaya menjangkau setiap penjuru wilayah yang sulit terakses, oleh pelayanan kesehatan.

“Melalui puskesmas pembantu, dan tenaga medis yang ditugaskan secara merata dari selatan ke utara, kini indeks kesehatan warga Cianjur mulai merangkak naik,” ungkapnya kepada Cianjurtoday.com, Rabu (15/08/2018).

Sambung Tresna, sekarang di Cianjur, tidak lagi dijumpai warga yang terkendala untuk menikmati pelayanan kesehatan. Apalagi penyakit-penyakit aneh yang disebabkan oleh kurangnya pelayanan kesehatan.

“Kami jemput bola ke masyarakat, untuk memastikan kondisi kesehatan mereka di pelosok,” ujarnya.

Informasi kondisi kesehatan masyarakat, menurutnya, dihumpun melaui pos pelayanan terpaduĀ  (posyandu) yang berkeliling di setiap pemukiman, melaporkan kondisi kesehatan warga.

“Jika pun ada warga yang membutuhkan penanganan medis, maka posyandu akan merujuk warga tersebut untuk dibawa ke Pusat Kesehatan Masyarakat Puskesmas,” tutup Tresna.(RIZ)

https://www.youtube.com/watch?v=GzC5PUg_bEk

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks