Today

Disdukcapil Cianjur Jamin Blangko KTP Terpenuhi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur menjamin kuota blangko KTP akan selalu terpenuhi. Hal ini karena pemerintah pusat kerap memenuhi pengajuan blangko dari Disdukcapil Cianjur.

“Selama kami mengajukan, pusat masih mengakomodir walaupun tidak 100 persen dipenuhi. Tapi tidak pernah tidak ada selama menunjukan progres percetakan dan memberikan pelayanan, tidak ada pembatasan.” kata Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Dundi Syahron Fajar.

Ia mengungkapkan kebijakan dari pemerintah pusat saat ini, tidak diperbolehkan lagi menerbitkan surat keterangan (Suket). Artinya, KTP akan dicetak.

“Dengan demikian asumsi saya dari pusat sudah siap dengan blangkonya, Alhamdulillah. Misal di kami stok dua ribu lagi, kami minta, itu dikasih lagi,” katanya.

Dundi berpesan kepada masyarakat bahwa hal itu merupakan kesempatan untuk segera membuat KTP. Selagi pemerintah pusat masih sanggup memenuhi blangko.

“Takutnya, karena pengadaannya sudah direncanakan sekian juta keping, kan kita gak tahu di perjalanan ada lonjakan tinggi dan untuk pengadaannya kan butuh waktu. Karena blangko ini mutlak dari pusat,” katanya.

Seperti pada tahun 2019 lalu, lonjakan permintaan pembuatan KTP melonjak seiring dengan adanya Pilkada dan Pilpres.

“Jadi memang permintaan agak tinggi waktu itu. Kami ditekankan ini harus terakomodir makanya dicetak. Setelah ada permintaan tinggi, ketika ada mengajukan lagi penambahan anggaran ada kesulitan di pusatnya jadi agak terlambat. Jadi dua tahun terakhir pusatnya seperti itu,” jelas dia.

Dengan demikian, ia bersyukur pemerintah pusat dari awal tahun 2020 menjamin blangko KTP di Disdukcapil Cianjur selalu tersedia. Bahkan, ia menyebut blangko KTP tidak pernah kurang.

“Ketika stok di kami kurang ketika mengajukan biasanya sudah dipenuhi walaupun tidak full. Tapi kami ada jaminan tidak pernah dikasih sampai bulan Mei ini.” tukasnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami