Today

Dishub Cianjur Akan Periksa Kendaraan di Terminal Pasirhayam

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur menyiapkan tiga rencana menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru. Bersinergi dengan pihak kepolisian, Dishub Cianjur akan melakukan pengamanan lalu lintas.

Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Cianjur, Muhamad Iqbal, mengatakan, kepolisian dan Dishub Cianjur siap bersinergi sesuai dengan rapat lintas sektoral yang digelar di Mapolres Cianjur, Selasa (10/12/2019). Salah satu rencana pertama yang akan dilakukan Dishub Cianjur adalah melakukan pemeriksaan kendaraan (ramcek) di Terminal Pasir Hayam Cianjur.

“Pertama, kami akan melakukan ramcek di terminal Pasir Hayam untuk memeriksa kelayakan dari kendaraan natal dan tahun baru,” kata dia, saat dihubungi Cianjur Today, Kamis (12/12/2019).

Selain itu, lanjut Iqbal, Dishub Cianjur pun akan menyiapkan posko angkutan di tiga titik. Posko sekaligus menghitung pencacahan angkutan natal dan tahun baru.

“Kedua, kami pun akan menyiapkan posko angkutan di tiga tempat, pertama di kantor Dishub Cianjur, lalu di Haurwangi, kemudian di Cipanas. Itu sekaligus menghitung pencacahan angkutan natal dan tahun baru,” tuturnya.

Terakhir, Dishub Cianjur membantu kepolisian dalam mengurai kemacetan di titik-titik yang dinilai rawan terhadap kemacetan.

“Ketiga, kami akan membantu kepolisian untuk mengurai kemacetan di titik-titik rawan kemacetan.” pungkasnya.

Siapkan Penembak Jitu

Sebelumnya, Polres Cianjur telah menggelar rapat koordinasi dinas dan instansi lintas sektoral dalam rangka persiapan Operasi Lilin Lodaya 2019 dan Tahun Baru 2020, Selasa (10/12/2019) di Mapolres Cianjur. Rapat tersebut dipimpin oleh Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto didampingi ASDA III Pemerintah Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib dan Danyon Armed 5 Cipanas, Mayor Arm Kristanto Hermawan.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, rapat tersebut merupakan kegiatan tindak lanjut dari rapat koordinasi Polda Jawa Barat. ia mengatakan berbagai unsur pemerintah dan masyarakat berbarengan mempersiapkan tahun baru dan natal.

“Kita mempersiapkan untuk tahun baru dan natal baik para penghuni wisata, hotel, tempat hiburan dan tempat makan,” tuturnya kepada wartawan, Selasa (10/12/2019).

Selain itu, Kapolres menuturkan, wisata yang akan diantisipasi meningkat. Ia mengatakan, jalan sudah bagus dan banyak usaha yang buka. Ia pun berharap bisa lebih baik dari tahun kemarin

“Mau tidak mau wisata yang kami awasin melonjak karena jalannya juga bagus, banyak tempat usaha yang buka. Kami berharap juga bisa lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata dia.

Selain itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, lanjut Kapolres, pihaknya akan menempatkan pos pengamanan dan pos pelayanan di sejulah titik di wilayah Kabupaten Cianjur.

“Di Hari berjalannya Operasi Lilin Lodaya nanti, Polres Cianjur akan menempatkan 13 pos pengamanan dan 6 pos pelayanan di beberapa titik di wilayah Cianjur,” ungkap dia.

Bahkan, Polres Cianjur akan mempersiapkan tim seperti penembak jitu, siaga gabungan urai kemacetan, dan tim siaga bencana alam. Kapolres mengatakan, hal tersebut dipersiapkan untuk mengantisipasi huru-hara dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

“Kami juga sudah mempersiapkan tim penembak jitu, untuk mengantisipasi huru-hara yang membuat kekacauan. Juga, kami telah siapkan tim pengurai kemacetan, agar kemacetan dapat teratasi. Serta, kami juga siapkan tim siaga bencana alam.” tandasnya.(afs)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button