Update Covid-19

Disinfektan Berbahaya untuk Manusia, Cuci Tangan Lebih Dianjurkan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Cairan disinfektan diketahui ampuh untuk bunuh Virus Corona atau Covid-19 pada benda. Namun, apakah disinfektan aman pada manusia?

Pakar medis Cianjur, dr Yusuf Nugraha, mengatakan, disinfektan diperuntukan untuk benda mati. Namun kalau ke manusia itu bisa berbahaya.

“Itu bisa terjadi iritasi ke kulit, dan juga kalau bahan-bahan seperti itu bisa menyebabkan kanker,” tuturnya kepada Cianjur Today, Jumat (03/04/2020).

Ia lebih menganjurkan masyarakat untuk mencuci muka dan tidak memegang wajah dan mulut. Selain itu menjaga jarak dengan orang lain. Yusuf menilai, masyarakat panik dalam mencari tahui pengamanan dalam mencegah Covid-19.

“Saya lebih menganjurkan di tempat umum itu ada tempat cuci tangan. Secara teori ada beberapa pelrindungan juga ada masker medis yang tiga lapis itu. Tapi bila kondisi serba kekurangan seperti sekarsng, masyarakat bisa menggunakan masker kain yang diganti setiap harinya,” jelas dia.

Ia pun menyebut, poin utama dalam mencegah penularan Virus Corona ialah kekebalan tubuh atau imunitas. Jangan lupa makan bergizi istirahat cukup.

“Jangan begadang untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena poinnya adalah kekebalan tubuh,” ungkap dia.

Selain itu, dr Yusuf Nugraha mengimbau masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah untuk melakukan social dan physical distancing. Diam di rumah, mengurangi kontak, dan tidak mudik, khususnya yang berada di zona merah.

“Kalau terpaksa mudik harus karantina selama 14 hari karena itu penting. Kadang tubuh kita tidak bergejala tapi sudah ada virusnya dan bisa menularkan ke orang lain,” jelas dia.

Ia pun mengatakan, harus mengutamakan orang yang rentan seperti orang tua, anak kecil, dan orang dengan penyakit bawaan.

“Utamakan jaga orang yang rentan, orsng tua, anak kecil, dan orang yang punya penyakit yang sebelumnya seperti jantung diabetes nah itu kalau kena covid mereka rentan meninggal.” tutupnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button