Today

Ditarget Rampung Akhir Tahun, Pembangunan Pasar Cigombong Baru 63 Persen

CIANJURTODAY.COM, Pacet – Wakil Bupati Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin meninjau pembangunan Pasar Cigombong, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur yang ditarget rampung pada akhir Desember 2021 mendatang.

Tb Mulyana mengatakan, kunjungannya adalah untuk memastikan tidak ada kekurangan dalam proses pembangunan Pasar Cigombong.

“Tadi juga sudah saya sampaikan kepada penyedia jasa, konsultan, dan pengawas, kalau ada kekurangan itu harus menjadi catatan,” ujarnya kepada Cianjur Today, Rabu (24/11/2021).

Kemudian, menurut Tb, kenapa pentingnya kualitas bangunan, karena Cianjur ini tengah disorot. Terlebih pernah ada contoh pembangunan dengan kualitas kurang baik di Pagelaran dan Agrabinta.

Di mana, lanjutnya, ada pembangunan sekolah yang sedang berlangsung, tapi kemudian malah ambruk.

“Nah kami ingin menghindari hal tersebut terulang lagi. Maka dari itu, kami akan terus memantau semua tenaga kerja hingga kualitas bahan bangunan,” jelasnya.

Tb Mulyana menuturkan, memang pembangunan ini masih ada progres yang kurang dan batas toleransinya tersisa 1,2 persen lagi.

“Kemudian saya menyarankan agar dilakukan percepatan, karena pembangunan Pasar Cigombong ini ditarget akhir tahun. Karena biasanya di seminggu sebelum akhir tahun ini harus segera selesai, walupun kontrak hingga 31 Desember 2021,” terangnya.

Tb menambahkan, tahap pembangunan saat ini baru 63 persen seharusnya saat ini itu sudah mencapai 65 persen.

“Maka dari itu, saya sudah sampaikan kepada pihak terkait harus merubah jadwal baru untuk percepatan. Jadi pada 24 Desember itu semuanya sudah rampung,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Diskopperdagin Cianjur, Nana Rukmana mengatakan, setelah pembangunan Pasar Cigombong ini rampung, nantinya akan dikelola oleh UPTD Cikalong.

“Pasar ini tentunya statusnya Pasar Cigombong milik pemerintah yang terdiri dari 73 kios dan 28 Los. Ini diperuntukkan untuk pedagang sembako, sayuran, dan rumah makan,” bebernya.

Diharapkan, dengan hadirnya Pasar Cigombong ini, bisa makin memberikan kesejahteraan bagi para pedagang, khususnya di Kecamatan Pacet, Cianjur.

“Harapan kami tentunya, ketika pasar ini sudah rampung, pedagang menjadi lebih tertata rapi dan ekonomi mereka menjadi lebih meningkat,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pasar Cigombong Cipanas dibangun di lahan milik Pemkab seluas 2.300 meter persegi.

Pembangunan pasar rakyat berskala kecil ini menelan anggaran hingga Rp3 miliar lebih.(ren/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button