Ramadan Today

Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriah, Serta Amalan Bulan Muharam

Doa akhir dan awal tahun Hijriah serta amalan pada bulan Muharam. Sebentar lagi umat Islam memasuki Tahun Baru Islam atau 1 Muharam 1442 Hijriah pada Kamis 20 Agustus 2020.

Bulan ini menjadi momentum istimewa bagi umat islam, karena Muharam merupakan satu di antara empat bulan yang dimuliakan. Salah satu amalan istimewa yang dilakukan umat islam di penghujung dan di awal tahun ini adalah membaca doa.

Doa Akhir Tahun

Doa akhir tahun lebih disarankan untuk dibaca sebanyak tiga kali pada waktu antara yaitu waktu ashar dengan waktu maghrib di hari terakhir bulan Dzulhijjah. Tepatnya pada hari Rabu, 19 Agustus 2020. Berikut Cianjur Today tayangkan bacaan doa akhir tahun beserta artinya bisa langsung kamu amalkan.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

[ Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.]

Artinya:
“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun

Bacaan doa awal tahun dapat dibaca setelah menunaikan sholat Magrib. Karenanya kalender Hijriah berpatokan pada terbit dan terbenamnya matahari. Berikut bacaan doa awal tahun beserta artinya bisa langsung kamu amalkan.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

[ Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.]

Artinya:
“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Amalan Bulan Muharam

Melaksanakan Istighatsah

Selain itu, Anda juga bisa melaksanakan Istighatsah dengan cara sebagai berikut.
• Membaca do’a awal tahun sebanyak 3 kali
• Shalat hajat 2 rakaat, pada rakaat pertama setelah fatihah membaca S. Al Kafirun 10 kali, rakaat kedua setelah fatihah membaca S. Al Ikhlas 10 kali. Setelah salam membaca:
    – Shalawat nabi 10 kali
    – Baqiyatus Sholihat 10 kali
    – Do’a sapu jagat 10 kali (ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار)
    – Berdo’a menurut hajat masing-masing
• Baca ayat kursi sebanyak 7x / 17x / 50x / 313x /360x
• Membaca Surah Yasin 1 kali dengan kayfiyah (tata cara):

–    يٰسۤ × 7

–    ذٰلِكَ تَقْدِيْرُ الْعَزِيْزِ الْعَلِيْمِ × 16

–     سَلاَمٌ قَوْلاً مِنْ رَبٍّ رَحِيْمٍ × 14

–     أًوَلَيْسَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ بِقَادِرٍ عَلَى أَنْ يَخْلُقَ مِثْلَهُمْ بَلَى ×4 وَهُوَ الْخَلاَّقُ الْعَلِيْمِ

• Membaca Surat Al Waqi’ah 1 kali dengan kayfiyah (tata cara):

–    إِلاَّ قِيْلاً سَلاَمًا × 5

–    وَفَاكِهَةٍ كَثِيْرَةٍ × 14

–    لاَ مَقْطُوْعَةٍ وَلاَ مَمْنُوْعَةٍ × 14

• Membaca shalawat Khaliliyyah صلى الله على محمد)) 40x/1000x
• Berdo’a

Puasa Tasu’a dan Asyura

Amalan istimewa berikutnya adalah berpuasa, seperti disampaikan oleh Rasulullah SAW. Beliau bersabda “Berpuasalah kalian pada tanggal 9 dan 10 Muharram dan janganlah kalian menyerupai orang-orang Yahudi.” Ibadah puasa sunah yang lain, mengucapkan niat puasa Tasu’a dan Asyura bisa dilakukan ketika fajar sudah terbit atau saat hari sudah siang.

Dengan catatan, yang mengerjakan puasa belum melakukan beberapa perkara yang dapat membatalkan misalnya makan dan minum.  Jika niat puasa Tasua dan puasa Asyura tersebut diucapkan setelah terbitnya fajar, maka lafalnya adalah sebagai berikut.

• Niat Puasa Tasua

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى
[ “Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnatit Tasu‘a lillahi ta‘ala.”]

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Tasu’a pada hari ini karena Allah SWT.”

• Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ عَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى
[“Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati asyura lillahi ta‘ala.”]

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura pada hari ini karena Allah SWT.

Nah itulah doa akhir dan awal tahun Hijriah, serta amalan pada bulan Muharam.(ct4/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker