Ramadan Today

Doa Hujan Lengkap dengan Penjelasan dan Artinya

Penulis: Ira Rahmah Mahfudhoh (Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah)

Doa saat hujan turun bisa kita amalkan di musim hujan saat ini. Hujan adalah satu dari sekian banyak rahmat yang diturunkan Allah Swt melalui perantara malaikat Mikail.

Jangan sampai kita sebagai manusia malah mencaci hujan karena berbagai hal. Misalnya batal berangkat, tidak bisa menjemur pakaian, gagal melakukan aktifitas di luar ruangan, dan alasan lainnya.

Salah satu yang dapat mengundang keberkahan hujan adalah dengan membaca doa, baik ketika hujan turun maupun ketika berhenti. Simak tulisan Cianjur Today di bawah ini!

Doa hujan ketika turun

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
Allahumma shoyyiban naafi’an
Artinya: “Ya Allah, jadikan curahan hujan ini yang membawa manfaat kebaikan.”

Doa ini adalah doa yang dipanjatkan Nabi Muhammad Saw. seperti yang diriwayatkan dari hadis Al Bukhari nomor 1032 berbunyi:


إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ: اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
Artinya: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan beliau mengucapkan “Allahumma shoyyiban naafi’an.”

Doa ketika selesai hujan


مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ ورَحْمَتِهِ
Muthirnaa bifadhlillaahi warohmatihi
Artinya: “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.”

Sedangkan anjuran untuk doa setelah turun hujan adalah didasarkan pada hadis Nabi Muhammad Saw. yang diriwayatkan dalam hadis riwayat Bukhari nomor 1038 dan Muslim nomor 240.

Bagaimanapun, air hujan sebagai salah satu sumber mata air boleh jadi merupakan kebutuhan pokok dalam hidup.

Salah satu hikmah turunnya hujan selain merupakan waktu mustajab untuk berdoa, juga menyimpan banyak cadangan air di bumi.

Air ini dapat menyuburkan tanaman dan mengatasi kekeringan. Kalau pun dengan hujan kita kesulitan menjemur, namun justru akan lebih sulit lagi kita tidak bisa mencuci, mandi, bahkan minum.

Oleh karena itu, alangkah baiknya kita tidak mencaci atas apa yang Allah turunkan, karena pasti mengandung hikmah besar di dalamnya.

Itulah doa ketika turun dan selesai hujan. Semoga apapun yang disampaikan kepada kita baik itu berupa peristiwa, rezeki, kesehatan, musibah, selalu menuntun kita untuk selalu menyadari kebesaran Allah Swt, aamiin.(*)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button