Update Covid-19

Dokter Yusuf Nugraha Jelaskan Manfaat dan Waktu Berjemur yang Baik

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pakar medis Cianjur, Dokter Yusuf Nugraha, membeberkan manfaat dan waktu berjemur yang baik. Sebab, akhir-akhir ini sempat eredar kabar di masyarakat bahwa Virus Corona atau Covid-19 bisa mati atau dibunuh oleh sinar matahari.

Yusuf menjelaskan, sinar matahari berfungsi bukan untuk membunuh Virus Corona. Namun, manfaat berjemur di bawah sinar matahari bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

“Intinya adalah bukan untuk membunuh Virus Corona, tapi sinar matahari membantu penyerapan kalsium dan fosfor tulang dan bagus untuk kekebalan tubuh. Jadi virus itu bisa kalah dengan kekebalan tubuh kita.” tuturnya saat dihubungi Cianjur Today, Jumat (03/04/2020).

Ia menjelaskan, sinar matahari mengandung Ultra Violet (UV) yang memiliki dua jenis berbeda. Menurutnya, UV B bagus untuk berjemur.

“Kalau secara teori bukan untuk membunuh Virus Corona, jadi sinar matahari mengandung UV. Nah, UV itu ada UV A ada UV B, yang bagus itu yang UV B, dari jam 10 sampai jam 3 sore,” kata dia.

Dengan demikian, tidak ada obat spesifik untuk menyembuhkan Virus Corona. Namun, hal itu bisa diantisipasi dengan kekebalan tubuh atau imunitas.

“Kalau kekebalan tubuh kuat maka kita bisa sembuh dari Corona itu. Vitamin D itu fungsinya untuk memperbaiki pengaturan sistem kekebalan tubuh, bukan membunuh virus,” ungkapnya.

Namun, dalam berjemur pun tidak boleh terlalu lama. Sebab, berjemur dengan durasi yang terlalu lama dapat memberikan efek-efek tertentu bagi tubuh.

“Berjemur jangan terlalu lama karena ada efek ke dalam tubuh termasuk iritasi. Sebetulnya dari (durasi ideal) jam 10 sampai jam 11 itu sudah cukup,” jelas dr Yusuf.

Ia menyebut, hal itu sebagai ikhtiar semata. Jika ada yang menyebut sinar matahari dapat membunuh Virus Corona itu salah.

“Tidak ada literatur Virus Corona bisa mati oleh UV, itu hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.” pungkasnya.

Itulah ulasan dari Dokter Yusuf Nugraha, yang membeberkan manfaat dan waktu berjemur yang baik.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks